Wisata Alam Puncak Gunung Telomoyo Jateng "Negeri di Atas Awan" | Bhayangkara Nusantara

Wisata Alam Puncak Gunung Telomoyo Jateng “Negeri di Atas Awan”

 884 total views

PUNCAK Telomoyo, belakangan viral dengan sebutan “Negeri di Atas Awan”. Puncak ini merupakan salah satu objek wisata di Gunung Telomoyo (1894 m dpl – di bawah permukaan laut) dengan keindahan panorama alam yang sangat mempesona.

Deretan hutan pinus milik Perhutani dan pemandangan alam dari puncak gunung menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung obyek wisata yang berlokasi di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang dan Semarang, Jawa Tengah.

Ketua LMDH Pandean dan Pengelola Wisata Telomoyo, H. Wardoyo, menuturkan, pada 6 Juli 2020 lalu, Pengelola Wisata Telomoyo mendapat surat pemberitahuan dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magelang untuk membuka kembali Wisata Telomoyo. Maka pada 9 Juli 2020, Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP membuka kembali secara resmi Objek Wisata Telomoyo.

Gayung bersambut, Pemerintah Kabupaten Semarang pun turut membuka kembali untuk umum objek wisata tyang memiliki puncak kerucut ini. Namun karena pada Minggu (19/7/ 20) terjadi overload (penumpukan-red.) di puncak, dan wabah Covid-19 masih terjadi, maka keesokan harinya atas perintah Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, Wisata Puncak Telomoyo kembali ditutup untuk umum.

“Kami lakukan evaluasi terkait membludaknya jumlah pengunjung, membagi jam kunjungan menjadi 4 shif dalam 24 jam dan mengurangi jadi 300 orang pengunjung dari 400 orang setiap shifnya juga menetapkan libur pada Jum’at setiap minggunya untuk pengecekan, evaluasi berkala, penyemprotan disinfektan pada titik-titik yang dianggap rawan dan perbaikan sarana dan prasarana,” sambung H. Wardoyo.

Untuk menghindari terjadinya kembali penumpukan pengunjung pada titik-titik yang sering terjadi hal itu, maka pihak pengelola mengerahkan petugas yang melakukan penertiban dan pengaturan lalu-lintas untuk membantu tugas pihak Kepolisian, baik Polsek Banyubiru maupun Polsek Ngablak. Dengan demikian kini Wisata Telomoyo walaupun ramai tetap tertib dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Antisipasi Krisis Pangan Dampak Pandemi Covid-19, Pemkot Tomohon Ajak Masyarakat Giatkan Gerakan Tanam

Jumlah pengunjung dari dibukanya kembali Wisata Telomoyo pada 23 Juli 2020 sampai saat ini, Rabu 26 Agustus 2020, tercatat rata-rata pada hari Senin – Kamis ada 600 orang dan Sabtu – Minggu serta Hari Libur mencapai 1200 orang pada gerbang masuk Dalangan (Pandean, Ngablak, Magelang).

“Sedangkan Pada Gerbang Masuk Pagergedog (Sepakung, Banyubiru, Semarang) pengunjung rata-rata mencapai 200 orang pada hari Senin – Kamis dan 600 orang pada hari Sabtu – Minggu dan hari libur,” tutur H. Wardoyo.

H. Wardoyo juga menyampaikan, daya tarik Wisata Teloyo sangat tinggi, yaitu pemandangan alam yang sangat bagus dan megah. Sering diadakannya olah raga dirgantara (gantole/pra layang), baik tingkat nasional maupun internasional.

Pihaknya juga tak henti-henti untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana,
di antaranya meningkatkan kwalitas dan kwantitas fasilitas, memodernisasi pintu masuk, terutama pada wilayah kerjanya, yaitu Gerbang masuk Dalangan.

“Kami juga telah mengajukan dana untuk perbaikan jalan dari Dalangan -Pertigaan Later U sejauh 3,2 km dan Alhamdulillah telah disetujui Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP sebesar Rp. 3,7 M, dengan harapan meningkatnya jumlah pengunjung karena kenyamanan akses yang ada,” tuturnya.

Gunung Telomoyo merupakan salah satu Gunung yang akses ke puncaknya bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor. Untuk ke Puncak Telomoyo, kita bisa masuk melalui salah satu gerbang, yaitu Dalangan (Kabupaten Magelang) dan Pagergedog Sepakung (Kabupaten Semarang ).

Untuk Pagergedog, Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang, meski sedang dalam proses pembangunan pintu masuk, tetapi layanan penjualan tiket masuk berjalan normal, dengan penjagaan dan imbauan protokol kesehatan.

Adapun keamanan dan keselamatan pengunjung selalu dijaga petugas dari Polsek Banyubiru yang sangat ramah, peduli dan disiplin. Sedangkan pada gerbang masuk Dalangan yang dikelola BUMDES milik Pemdes Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang dikelola dengan modern style dengan Parking Park/Taman parkir yang sangat elegant. Dengan layanan Telomoyo Jip Explore-nya, semua serba indah di tempat ini.

Baca Juga:  Pemkot Manado Gelar Rapat Evaluasi SAKIP Bersama Kemenpan-RB Lewat Zoom

Selain itu pengunjung juga bisa berwisata religi ke makam Ki Dalang Punden Arum, Belanja Sayur Petik sendiri dan pusat oleh-oleh, terutama hasil pertanian warga yang melimpah di Desa tersebut. Mario/Sam/Advertoril -Jateng

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1