“Waspada Provokator!” Ada Info Demo UU Ciptaker Hari Ini Akan Dibuat Rusuh – Bhayangkara Nusantara

“Waspada Provokator!” Ada Info Demo UU Ciptaker Hari Ini Akan Dibuat Rusuh

 197 total views,  1 views today

DEMO tolak Omnibus Law UU Ciptaker Kerja dinilai berpotensi rusuh. Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Selasa (20/10/20).

Bukan tanpa dasar Polri mengeluarkan peringatan ini, karena menurut informasi yang diterima, hari ini demo akan dibuat rusuh. “Ada informasi yang kita dapatkan bahwa hari ini juga akan dibuat rusuh,” kata Argo.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini juga meminta kepada para pedemo untuk tetap tertib dan mengikuti aturan saat melakukan aksi unjuk rasa. Ia juga mengingatkan untuk mewaspadai adanya provokator. “Waspada kalau ditunggangi kalau diajak untuk rusuh,” ujarnya.

Argo menegaskan, kepolisian akan terus mengawal dan mengamankan demo yang digelar oleh elemen buruh dan mahasiswa hari ini. “Kepolisian tetap mengawal, mengamankan penyampaian pendapat yang ada hari ini,” ucap Argo.

Baca Juga:  Dukung Gerakan Berau Bermasker, Kapolres Bagikan 8 Ribu Masker TNI-Polri

Di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus menerangkan, sebanyak 10.587 personel gabungan TNI dan Polri diterjunkan untuk mengamankan jalannya demo. Selain itu ada 10.000 personel cadangan yang disiagakan di Monas dan Gedung DPR.

Di sisi lain, kepolisian juga mengantisipasi pergantian lintas massa perusuh di akhir demo. Sebab, berkaca pada demo beberapa waktu lalu, di akhir demo selalu ada massa perusuh yang kemudian masuk dan melakukan kerusuhan. “Nanti yang rawan waktu mau selesai itu ada lintas ganti, lintas ganti ini adalah orang-orang yang memang niatnya untuk kerusuhan,” kata Yusri.

Baca Juga:  Dinamika Organisasi, 9 Jenderal 10 Pamen Polri Kembali Dimutasi

Pantauan di lapangan, hari ini elemen mahasiswa dan buruh menggelar demo menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja tak jauh dari Istana Negara, Jakarta. Demo dilakukan bertepatan dengan momen satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Aksi demo masih dengan tuntutan yang sama, yakni mendesak Jokowi membatalkan UU Cipta Kerja dengan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu). Meski aksi belum dimulai, belasan orang telah diamankan di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan polisi terkait penangkapan pedemo ini. BN01 – Jakarta

Komentar Anda

+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0