Wartawan Tewas di Mamuju Tengah, Ini Reaksi Puluhan Wartawan di Tomohon – Bhayangkara Nusantara
Wartawan Tewas di Mamuju Tengah, Ini Reaksi Puluhan Wartawan di Tomohon

Wartawan Tewas di Mamuju Tengah, Ini Reaksi Puluhan Wartawan di Tomohon

 138 total views,  1 views today

PULUHAN awak media Pos Liputan Kota Tomohon menggelar aksi damai yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon di depan Menara Alfa Omega Tomohon, Sabtu (22/8/2020).

Aksi ini merupakan bentuk reaksi dan solidaritas atas aksi kriminalitas yang mengakibatkan wartawan di Mamuju Tengah tewas dengan 17 luka tusukan, beberapa hari lalu.

Ketua PWI Tomohon, Jhon Paransi mengungkapkan, pembunuhan wartawan di Mamuju Tengah ini merupakan tindakan biadab. “PWI Tomohon mengutuk keras pembunuhan tersebut,” tegasnya.

Pihaknya juga mendesak Kapolri untuk segera mengusut dan menuntaskan kasus biadab itu. “Kasus ini tak bisa dibiarkan dan harus diusut tuntas, termasuk mengusut siapa dalang di balik kasus ini,” terangnya.

Sementara, Yongky Sumual wartawan media online Kabar Daerah rekan se-media almarhum Demas Laira menegaskan, profesi ini dilindungi undang-undang, maka jangan semena-mena melakukan kejahatan.

“Apalagi berkaitan dengan pemberitaan. Jika ada keberatan atau tidak senang atas pemberitaan yang kami terbitkan, sesuai undang-undang pers ada hak jawab. Bukan melakukan tindak kejahatan bahkan pembunuhan seperti yang terjadi kepada rekan kami ini,” tegasnya.

Yongki juga mengecam keras pembunuhan ini dan meminta kepada aparat hukum untuk menindak tegas pelaku. “Kalau perlu hukum mati,” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Perwakilan Media Bhayangkara Nusantara Sulut, Bertje Rotikan. Dalam aksi orasinya ia berharap kejadian ini tidak terulang kembali, baik di daerah dan di negeri tercinta ini.

“Kami sangat memberikan dukungan terhadap aparat penegak hukum agar bisa memberikan hukuman, kalau perlu hukuman mati,” katanya.

Lebih dari itu, Bertje meminta kepada masyarakat agar tidak memusuhi profesi wartawan, karena insan pers merupakan sumber informasi. “Jadi sangat berharap bapak Kapolri agar bisa mengawasi tentang kejadian ini agar persoalan ini bisa terungkap,” harapnya.

Baca Juga:  Polres OKU Selatan Deklarasi Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Pantauan di lapangan, aksi solidaritas tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat Polres, personel TNI dari Koramil dan Satpol PP Tomohon. Dalam unjuk rasa, para wartawan tampak membawa sejumlah tuntutan yang ditulis di beberapa kertas karton. BN01 – Sulut

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1