Warga dan Ormas Datangi Panitia Pilkades Temiyangsari, Pertanyakan Syarat Kandidat Balon Kades | Bhayangkara Nusantara

Warga dan Ormas Datangi Panitia Pilkades Temiyangsari, Pertanyakan Syarat Kandidat Balon Kades

 141 total views

PULUHAN warga Desa Temiyangsari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan LSM Laskar Merah Putih (LMP) mendatangi Kantor Panita Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Selasa (16/3/21).

Kedatangan warga dan LSM LMP mempertanyakan tentang persyaratan masing-masing kandidat bakal calon (balon) Kepala Desa Temiyangsari terkait kelengkapannya. Terlihat juga dalam forum diskusi anggota dari LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI).

Suta, Perwakilan LSM LMP Markas Anak Cabang (Macab) Kecamatan Kroya mempertanyakan tentang hari penutupan pendaftaran calon Kades Temiyangsari dan sudah berapa yang masuk kategori kandidat terpilih.

Warga dan Ormas Datangi Panitia Pilkades Temiyangsari

Baca Juga:  Lagi, Begal Berkedok Debt Collector Rampas Motor di Jalan Raya, Ini Modusnya...
Baca Juga:  Dukung Gagasan Wakil Bupati, Puluhan Satpol PP Kerja Bhakti di Tugu Pemuda Pringsewu

Seksi Panita Pikades Desa Temiyangsari, Tariman menegaskan bahwa untuk pendaftaran sudah dimulai sejak 2 sampai dengan hari Selasa 16 Maret, dan jam 24.00 Wib resmi akan ditutup.

“Untuk saat Ini ada empat kandidat yang mendaftarkan diri sebagai calon Kades Temiyangsari, di antaranya Drs. Heru Irianto, Atet, Haji Kumpul dan Haerudin,” papar Tariman

Akan tetapi, dari ke empat kandidat calon Kades Temiyang Sari baru satu yang sudah menyelesaikan berkas kelengkapan persyaratan. “Yaitu Haji Kumpul, tadi Pagi datang ke kantor Panitia Pak,” tambah Tariman

Saat bersamaan, Perwakilan LSM GMBI diwakili Redon menanyakan syarat mutlak bagi calon Kades Petahana, apakah Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Desa (LPPD) itu juga harus dilampirkan dan dijilid ditunjukan kepada panitia pilkades.

“Jika tidak dilampirkan lampiran LPPD tersebut, untuk calon Kades Petahana tersebut dinyatakan tidak sah dan dianggap gugur,” tegas Redon yang juga seorang lurah.

Ia menambahkan, dirinya juga akan datang kembali saat penetapan calon kades yang akan dilakukan pada 20 April mendatang guna melihat kelengkapan LPPD tersebut.

“Dan sebagai calon, khususnya petahana, itu syarat mutlak persyaratan harus lampiran LPPD tersebut,” jelas Lurah Redon.

Hal ini juga dibenarkan Seksi Panitia Pilkades Temiyangsari, Tariman. “Betul untuk kandidat calon petahana ada tambahan syarat, yaitu harus ada lampiran LPPD. Apabila tidak ada, maka kami selaku panitia tidak menerimanya sebagai kandidat calon kades,” ucap Tariman.

Selaku Panitia Pilkades, lanjut Tariman, pihaknya bersifat netral tidak memihak salah satu calon kandidat. Hal ini juga diperkuat pernyataan Ketua Panitia Pilkades, Sumanta, S.Pdi.

Baca Juga:  Harga Anjlok Drastis Tak Sesuai Pasaran, Petani Garam di Indramayu Gulung Tikar

“Untuk kandidat yang baru mencalonkan itu ada 23 persyaratan dan bagi calon kandidat petahana ada tambahan 1, yaitu lampiran LPPD, jadi 24 dan kami selaku panitia untuk para calon diperlakukan sama,” kata Sumanta.

Pihaknya juga berterimakasih kepada masyarakat dan LSM serta media yang turut membantu Pilkades Temiyangsari ini dengan menjaga kondisi aman dan sukses menuju Temiyangsari satu. Atim Sawano – Indramayu

Komentar Anda
+1
0
+1
1
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0