Walikota Tomohon Hadiri Rapat Paripurna KUA-PPAS APBD 2022

 76 total views

Bhayangkaranusantara.com,-Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Kota Tomohon Tahun Anggaran 2022.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, S.E. didampingi Wakil Ketua DPRD Drs. Johny Runtuwene, DEA. dan Erens Kereh, AMKL. di hadiri Walikota Tomohon Caroll Senduk, SH.

Baca Juga:  Hari Jadi Minahasa ke-593 Bupati ROR Jadi Inspektur Upacara

Rapat Paripurna DPRD itu sendiri di gelar di Balai Kelurahan Tumatangtang Satu di karenakan Ruang Sidang DPRD Kota Tomohon masih dalam tahap renovasi

Di awal sambutannya Walikota Tomohon menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan segenap Anggota DPRD Kota Tomohon selaku mitra kerja pemerintah senantiasa bersinergi, bahu-membahu dalam upaya memajukan Kota Tomohon.

Baca Juga:  Pudihang Pastikan Dana BTT Covid-19 Tahap ll Terealisasi September 2020

Saya memahami bahwa selama tahapan pembahasan bersama pemerintah dan DPRD sering terjadi perbedaan pendapat, termasuk kritikan maupun saran serta masukan yang bersifat konstruktif bagi pemerintah dalam hal perencanaan dan penganggaran.

Namun demikian saya melihat dinamika dari semua proses pembahasan yang dilakukan pihak DPRD dengan Pemerintah adalah sebagai wujud dalam berdemokrasi yang baik sehingga dapat berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Lanjut Walikota, tahapan pembahasan yang telah di lalui, terkait pembahasan kebijakan umum dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD 2022 Kota Tomohon telah dilaksanakan sesuai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perlu juga di ketahui (KUA-PPAS) adalah dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya.

Sedangkan prioritas dan plafon anggaran sementara atau PPAS adalah program kegiatan prioritas dan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada perangkat daerah untuk setiap program kegiatan sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran (RKA) perangkat daerah.

Sesuai kesepakatan dalam pembahasan, pemerintah kota menargetkan, kebijakan pendapatan daerah pada tahun anggaran 2022 sebesar Rp 621.579.082.698,- (enam ratus dua puluh satu milyar lima ratus tujuh puluh sembilan juta delapan puluh dua ribu enam ratus sembilan puluh delapan rupiah)

Kebijakan belanja daerah diproyeksikan sebesar Rp. 665.362.975.538,- (enam ratus enam puluh lima milyar tiga ratus enam puluh dua juta sembilan ratus tujuh puluh lima ribu lima ratus tiga puluh delapan rupiah)

Dan kebijakan pembiayaan netto sebesar Rp 43.783.892.840,- (empat puluh tiga milyar tujuh ratus delapan puluh tiga juta delapan ratus sembilan puluh dua ribu delapan ratus empat puluh rupiah)

Di ketahui bersama angka-angka diatas telah disesuaikan dengan rincian alokasi transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2022 yang disampaikan lewat surat direktorat jenderal perimbangan keuangan Kementerian Keuangan RI nomor S-170/PK/2021.

Dalam surat tersebut terjadi penyesuaian terkait rencana alokasi pendapatan daerah dari sektor pendapatan transfer pemerintah pusat yang sekalian juga berdampak pada penyesuaian rencana kebijakan belanja di tahun anggaran 2022.

Usai sambutan, di lanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan kebijakan umum dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD tahun anggaran 2022 Kota Tomohon, antara Walikota dengan Ketua DPRD di saksikan pejabat teras dan para Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon.

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0