Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut jadi Irup Hari Kebangkitan Nasional ke-114

 41 total views

Bhayangkaranusantara.com
TOMOHON– Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE bertindak Inspektur Upacara Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Kota Tomohon, (20/5/2022) di Halaman Mall Pelayanan Publik (MPP) Wale Kabasaran Tomohon.

Kesempatan itu, Wawali Wenny membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan bagi Bangsa Indonesia bisa bangkit bersama dari Pandemi Covid-19 yang melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja, namun memahami
esensi sejarah Kebangkitan Nasional, perlu ditelaah sisi sejarah.
Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia,” ujar Wenny.

Disampaikan, Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah kemerdekaan yang didirikan oleh DR Sutomo beserta para Mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908.

“Organisasi menjadi objek pergerakan di Indonesia dari yang
bersifat kedaerahan, nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan. Boedi Oetomo telah meletakkan cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang baik dan bermartabat di dunia,” jelasnya.

Hadir pada upacara ini, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J Sundah SE, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Dandim 1302 Minahasa yang diwakili Danramil Tomohon Kaptren Infantri Juris Sahese, Kapolres Tomohon yang diwakili Kasat Binmas Polres Tomohon AKP Arie Hasan dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga:  Safety First! Mengiringi Tim Terjun Payung Sulut Berlatih di Nusawiru Pangandaran