Upah Relawan Covid-19 di Kabupaten Sangihe Capai Angka 4,2 M | Bhayangkara Nusantara

Upah Relawan Covid-19 di Kabupaten Sangihe Capai Angka 4,2 M

 218 total views

PEMBAYARAN upah lelah bagi relawan kemanusiaan yang bertugas dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Sangihe mencapai 4,2 miliar rupiah.

Dana tersebut tertata dalam dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) Covid-19 yang terbagi dalam dua tahap dengan jumlah besaran dana masing-masing untuk BTT tahap I Rp. 1,6 miliar dan BTT tahap II Rp. 2,6 miliar.

Dana BTT tahap I telah terealisasi untuk pembayaran upah lelah para relawan yang bertugas dalam percepatan penanganan Covid-19, baik gugus tugas kecamatan, posko, satgas gabungan angkutan udara, darat, (6 posko) angkutan laut (1 posko) TNI – Polri, rumah sakit, puskesmas dan UPP pelabuhan.

“Jumlah keseluruhan personel mencapai 1600 orang,” tegas Eric Marentek, Kabid 3 BPBD Sangihe yang juga Pejabat Pengelola Keuangan (PPK) dalam Gugus Tugas Covid-19.

Sementara, jumlah total dana penanganan Covid-19 yang tersedia mencapai 36 miliar rupiah. Untuk pembayaran upah lelah pada tahap I dan tahap II berjumlah 4,2 miliar rupiah dan untuk nilai nominal dari upah lelah sesuai Standart Anggaran Biaya (SAB) yang diatur pemerintah daerah sebesar Rp 100,000-/orang/hari yang jumlah anggarannya dihitung hanya untuk 14 hari sesuai masa tanggap darurat dan disesuaikan juga dengan volume pekerjaan yang ada di lapangan.

“Namun hingga masa pandemi Covid-19 sudah lebih dari 100 hari jauh dari perkiraan awal masa tanggap darurat yang hanya 14 hari mengakibatkan pembayaran upah lelah bagi para relawan kemanusiaan Covid-19 di Kabupaten Sangihe tahap II membengkak hingga mencapai 2,6 miliar rupiah,” kata Marentek yang ditemui bhayangkaranusantara.com di Tahuna baru-baru ini.

Marentek menambahkan, untuk pembayaran tahap II ini akan terealisasi dalam bulan September ini. Terkait hal tersebut ia berharap agar para relawan yang telah turut terlibat langsung dalam penanganan, pengendalian dan pencegahan Covid-19 dananya akan segera dikucurkan. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1