Tim Kemenkes Kunjungi Walikota Tomohon, Paparkan Penerapan Kesehatan Tradisional | Bhayangkara Nusantara

Tim Kemenkes Kunjungi Walikota Tomohon, Paparkan Penerapan Kesehatan Tradisional

 37 total views

WALIKOTA Tomohon, Caroll J. A .Senduk, SH menerima kunjungan dari Tim Kemenkes yang datang sekaligus memaparkan tentang Yankestrad Empiris, yakni penerapan kesehatan tradisional yang manfaat dan keamanannya terbukti secara empiris baik ramuan dan keterampilan.

Walikota menyambut baik kunjungan ini dan memberi perhatian dan apresiasi atas presentasi yang telah disampaikan Tim Kemenkes dan segera akan menindaklanjuti. Kunjungan dan presentasi ini bertempat di ruang rapat Walikota baru-baru ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Tim Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional (Yankestrad) dipimpin Siti Munawaroh, SKM, Mkes sebagai Subkoordinator Yankestrad Empiris bersama Drg. Phutut Sudibagio, Dr. Nasriah Damayanthie dan Drs.Toto Rahayu diutus oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemkes RI, Dr. Wiendra Waworuntu, MPH.

Baca Juga:  Bahas Program, Walikota Tomohon Konsultasi dengan Ditjen SDA Kementerian PUPR
Baca Juga:  H-5 Pilwako Tomohon, Elektabilitas Paslon CS-WL Mengejutkan, Tak Bisa Dilampaui Lawan Politik

Untuk itu, Tim Direktorat Yankestrad mengatakan, Pemerintah Kota Tomohon harus bisa menyiapkan lahan seluas minimal 500 m2 s.d 1200 m2 untuk pembangunan gedung ini. Karena tahun depan akan dialokasikan dana DAK bidang Kesehatan untuk pembangunan Griya Sehat ini.

Kunjungan tim Kemenkes juga dalam rangka untuk melaksanakan sosialisasi dan advokasi bagi pemerintah daerah kab/kota yang berminat untuk mengembangkan Griya Sehat sebagai fasilitas pelayanan untuk kesehatan tradisional .

Menurut Tim Kemenkes, Kota Tomohon sangat potensial dengan alam dan juga masyarakat banyak membudidaya dan menggunakan ramuan tanaman obat keluarga seperti Jahe, Kunyit, Temulawak dll.

Ketika Kota Tomohon akan mengembangkan Griya Sehat ini, nantinya dapat membuat proposal yang akan disampaikan kepada Direktur Yankestrad Kemenkes RI untuk ditindaklanjuti.

Mengenai Tenaga Kesehatan Tradisional (Nakestrad) bisa dikirim untuk yang ASN dengan beasiswa ke institusi pendidikan di Solo dan Surabaya. Sementara menunggu Poltekkes Manado yang akan buka program studi Nakestrad.

Nantinya griya Nakestrad ini juga akan dikembangkan sebagai bagian dari obyek wisata tradisional, begitu juga dengan upaya meningkatkan PAD dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sesegera mungkin Pemerintah Kota Tomohon akan menindaklanjuti dengan proposal yang ada sesuai contoh,” kata Walikota. Bert – Tomohon

Kunjungan dan presentasi ini bertempat di ruang rapat Walikota pada hari Jumat 26 Maret 2021.

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0