Tiga Pos HPR Diresmikan, Anjing dan Kucing Tak Punya Surat Keterangan Sehat Dipulangkan ke Tempat Asal | Bhayangkara Nusantara

Tiga Pos HPR Diresmikan, Anjing dan Kucing Tak Punya Surat Keterangan Sehat Dipulangkan ke Tempat Asal

 239 total views

DALAM rangka memperingati Hari Rabies se-Dunia yang jatuh 28 September 2020 lalu, Pemerintah Kota Tomohon melalui Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Tomohon, Ir. Harold Viktor Lolowang, MSc, MTh meresmikan sekaligus menyerahterimakan tiga pos pengawasan Hewan Penular Rabies (HPR) yang berfungsi sebagai pos jaga masuknya hewan sejenis anjing dan kucing yang tidak memiliki surat keterangan sehat dari Dr. Hewan, Selasa (13/10/20).

Tiga pos yang diresmikan oleh Sekot Lolowang berada di tiga tempat yaitu di Kelurahan TaraTara Kecamatan Tomohon Barat, Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan dan Kelurahan Ruruakan Kecamatan Tomohon Timur.

Harold mewakili Walikota Tomohon, Jimmy F Eman, SE, Ak mengatakan kepada awak media, ketiga pos yang ia resmikan ini dipusatkan di Kelurahan TaraTara. Sedangkan dua pos lainnya hanya secara simbolism. “Pos ini dibangun dengan alasan memperketat nanti masuknya hewan sejenis anjing dan kucing di daerah Kota Tomohon agar masyarakat terhindar dari Rabies,” katanya. 

Intinya, jika kedua jenis hewan tersebut saat dibawa oleh warga ke Kota Tomohon lalu melintasi pos dan dicek oleh petugas jaga tidak memiliki surat yang pasti, hewan bawaan itu akan langsung dipulangkan di tempat asalnya lagi.

Baca Juga:  Proyek Sumur Bor Tenaga Surya Mangkrak, LUCW Ancam Demo Polres dan Surati Polda NTB

Sementara Dr. hewan John Karundeng dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tomohon kepada awak media BN menambahkan, secara tehnis instansi dinas mereka yang akan melakukan kegiatan di setiap pos dan berdasarkan payung hukum Perda Nomor 1 Tahun 2017.

Turut hadir dalam acara peresmian bersama Sekot Tomohon tersebut di antaranya dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tomohon dan unsur kelurahan, perangkat dan linmas setempat. Bert – Sulut

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0