Tiga Kapolres Tandatangan Perjanjian Kerjasama Penerapan Aplikasi E-Berpadu

MINAHASA – Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penerapan Aplikasi Elektrik Berkas Pidana (E-Berpadu) antara Tiga Kapolres dengan Pengadilan Negeri Minahasa Kelas II, Kejaksaan Negeri Minahasa dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Tondano, dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Tondano, Rabu (9/11 /22).

Setelah diluncurkannya aplikasi E-Berpadu oleh Mahkamah Agung pada bulan Agustus lalu, sebagai tindaklanjutnya, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa SIK bersama Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK dan Kapolres Minahasa Tenggara AKBP Feri Reynaldo Sitorus janji kerja penerapan aplikasi E-Berpadu tersebut.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negri Minahasa Nova Laura Sasube SH MH, mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut peluncurannya Aplikasi e-Berpadu oleh Mahkamah Agung pada 18 Agustus 2022, dimana saat ini terdapat 7 wilayah Pengadilan Tinggi di Indonesia yang sudah menerapkan Aplikasi e-Berpadu, sementara untuk wilayah Kaltim baru akan diterapkan pada Januari 2023.

”Aplikasi ini sebagai implementasi sistem Peradilan Pidana Terpadu dan teknologi informasi yang telah terdapat kesepahaman antara Menkopolhukkam, Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, Polri dan Kementerian Hukum dan HAM,” ujarnya.

Ia menjelaskan Aplikasi e-Berpadu ini bentuk digitalisasi kegiatan yang sudah dilaksanakan sehari-hari, dimana terdapat 8 fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut, yaitu pelimpahan berkas perkara pidana secara elektronik, penggeledahan, penyitaan, penambahan penahanan, diversi, memohon dan izin besuk permintaan pinjam pakai barang bukti.

”Sebelum penerapan Aplikasi e-Berpadu pada Januari 2023 di wilayah Pengadilan Tinggi Sulawesi Utara akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu secara berkala,” terangnya.

“Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kajari Minahasa ,Tomohon ,Minahasa Tenggara , Kapolres Minahasa ,Tomohon ,Minahasa Tenggara,dan Kepala Lapas Tondano yang telah memberikan dukungan yang diwujudkan memalui penandatangaan kerja sama penerapan aplikasi e-Berpadu ini,” tutupnya.

Baca Juga:  Sosialisasi Bahaya Radikalisme dan Terorisme dalam rangka TMMD Ke 112 Kodim 0908/Bontang

Sementara itu disela-sela kegiatan Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa SIK, mengatakan, Polres Minahasa sangat mengapresiasi dan mendukung Aplikasi e-Berpadu oleh Mahkamah Agung.

”Hari ini kami telah melakukan kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penerapan Aplikasi E-Berpadu. Semoga dengan kegiatan ini meningkatkan kerja sama dan memudahkan Polres Minahasa untuk berkordinasi dalam menangani kasus-kasus dan penyelesaian penyelesaian tindak pidana,” kata Kapolres.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kapolres Minahasa Tenggara AKBP Feri Renaldo Sitorus
Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito,Ketua Pengadilan Negeri Minahasa Nova Laura Sasube SH, MH, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Diky Oktavian SH, MH, Kejaksaan Negeri Minahasa Tenggara
Kejaksaan Negeri Tomohon, Kepala Lapas Kelas II -A Tondano di wakili , serta pegawai dan staf Pengadilan Negeri Minahasa.

(* Bert)

Komentar Anda