Tewasnya Demas Leira Sulut Aksi Solidaritas Wartawan di Minahasa

 60 total views,  2 views today

TEWASNYA wartawan di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat hingga detik ini belum menemukan titik terang. Peristiwa ini menyulut aksi solidaritas wartawan di berbagai daerah. Di antaranya di Minahasa yang mendesak pihak kepolisian mengusut tuntas pembunuhan tersebut.

Tiga organisasi wartawan pos peliputan Biro Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, turut melakukan aksi damai terkait pembunuhan rekan seprofesi mereka yang terjadi di Sulawesi Barat. Aksi unjuk rasa digelar di tugu Monas Kabupaten Minahasa dan Mapolres Minahasa, Tondano, Kabupaten Minahasa, Senin (24/8/20).

Ketiga organisasi wartawan tersebut di antaranya, Persatuan Wartawan Indonesia Biro Minahasa (PWI), PersMin dan AWAM. Dalam aksi solidaritasnya mereka mendesak aparat Kepolisian (Polri) mengusut tuntas pembunuhan Demas Leira wartawan di Mamuju Sulawesi Barat, juga perusakan situs berita tempo.co.

Para wartawan juga mendesak Polri untuk menjamin keamanan dan ketentraman Insan Pers dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik sebagai amanat Undang-Undang Pers dan sebagai pilar keempat demokrasi di Indonesia.

Desakan juga ditujukan kepada DPRD Kabupaten Minahasa untuk mengawal kasus pengrusakan situs berita tempo.co dan pembunuhan wartawan di Mamuju Sulawesi Barat demi menjaga jalannya demokrasi dan Kemerdekaan/Kebebasan Pers di Indonesia.

Selain itu mereka juga mendorong semua media massa untuk bersatu padu mengawal terlaksananya Kemerdekaan/Kebebasan Pers di Indonesia agar tidak ada lagi insan Pers , atau Perusahaan Pers yang diintimidasi, diserang bahkan dibunuh.

Kegiatan aksi damai mendapat pengawalan dari Polres Minahasa. Hingga berakhirnya aksi, situasi berjalan aman dan kondusif. Bert – Sulut

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1