Teleng, Hal Dukung-Mendukung Tak Boleh Dibatasi Oleh Ruang Dan Waktu

Sulut– Kata bijak yang di-layangkan Pdt. R. Teleng, mantan Ketua Sinode GMPU mungkin bisa jadi pelajaran buat semua anak bangsa. Selaku mantan pelayan Tuhan, dia menyebut hal dukung-mendukung terhadap figur tertentu tak boleh di-batasi oleh ruang dan waktu.

Maksud saya, sebagai seorang warga negara yang baik, kita harus menyadari sepenuhnya bahwa negara ini begitu sangat plural dan heterogen, yang terdiri dari ratusan etnis dengan berbagai ragam budaya dan adat istiadat.

Berbeda golongan dan latar-belakang yang berbeda pula termasuk agama, namun demikian perbedaan tak boleh menjadikan bangsa ini terpisah-pisah dan tercerai-berai atau terpecah-bela hanya karena perbedaan yang sering di besar-besarkan oleh sementara pihak.

Ada laki-laki, ada pula perempuan, kulit putih, coklat dan hitam, mancung, pesek, kaya, miskin, berpunya dan tidak berpunya, pandai, pintar, bodoh, itulah perbedaan, kita semua ciptaan dan sama di-mata Tuhan, hanya manusia itu sendiri yang membuat perbedaan berdasarkan kelompok, status dan derajat.

Pernyataan tersebut di-sampaikannya lewat akun pribadinya kepada awak media bhayangkaranusantara.com kamis, 23 juni 2022, menurutnya hal dukung mendukung sebaiknya tidak melihat seseorang dari latar-belakang agama dan keyakinannya.

Sebab ketika hal itu menjadi tolak-ukur dalam menilai seseorang, kapan bangsa ini bisa maju, kita harus membuang jauh-jauh pola berpikir (mindset) seperti itu dengan paradigma baru yaitu hidup bersama, rukun dan damai meski dalam perbedaan tapi tetap satu dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” terangnya.

Ketika di-mintai pendapatnya tentang figur yang akrab dengan sapaan Pak Mud, sebutan lain dari pemilik nama Machmud Turuis, SE, Direktur Pemasaran Bank Sulut-Go, Ketua Dewan Penasehat IKISST Sulut itu berkata,

kita harus bersyukur karena masih ada putra Nusa Utara yang mau berkiprah dalam membangun bangsa melalui lembaga legislative, menurutnya, Pak Machmud Turuis begitu sangat peduli dengan warga dari Nusa Utara,” sebutnya.

Baca Juga:  kepala dinas Perhubungan kabupaten Kepulauan sangihe bersama seluruh staf pegawai dan keluarga mengucapkan selamat merayakan Idulfitri

Karena itu, saya berharap beliau terus menjalin dan membangun komunikasi, bersosialisasi serta beriteraksi dengan para tokoh, peni-sepuh, pengemuka dan seluruh komponen masyarakat agar lebih dekat dengan warga Nusa Utara dimana pun berada, teruskanlah,” ujar-Nya (John-Sulut

Komentar Anda