Telan Anggaran 3,8 M, Pengadaan Mobnas di Lingkungan Pemkab RL Tuai Kritik | Bhayangkara Nusantara

Telan Anggaran 3,8 M, Pengadaan Mobnas di Lingkungan Pemkab RL Tuai Kritik

 52 total views

PENGADAAN Mobil Dinas (Mobnas) Baru tahun 2021 di lingkungan Pemkab Rejang Lebong (RL) melalui Satuan Kerja Bagian Administrasi Umum Sekretariat Daerah yang diduga untuk Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong (RL) menuai kritikan publik.

Pasalnya, pengadaan mobnas tersebut menelan anggaran daerah sebesar Rp. 3.888.000.000, sebagaimana telah ditayangkannya lelang proyek pengadaan tersebut di halaman website LPSE Kabupaten Rejang Lebong, sejak Rabu (14/4/21) lalu.

Mengkritisi, pengadaan mobnas tersebut Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kabupaten Rejang Lebong, Anton, menilai Pemda RL terkesan memaksa keinginan untuk memiliki mobnas mewah, apalagi saat ini masih di tengah wabah Pandemi Covid-19,

Baca Juga:  Ribuan Kendaraan Terjaring Razia Operasi Ketupat Ditlantas Polda Metro Jaya
Baca Juga:  Tersangkut Kasus Pungli, Kades Bojanegara Dinonaktifkan

“Masih sempatnya memaksakan kehendak untuk memiliki kendaran mewah di tengah pandemi Covid-19, apakah tidak ada program di kabupaten ini yang lebih mendesak atau dibutuhkan, memang mobil dengan harga segitu sah-sah saja dan boleh dimiliki siapapun, tapi dengan kondisi dan situasi saat ini, apalagi hal itu terkesan memboroskan anggaran, karena masih banyak pembangunan di kabupaten ini yang membutuhkan anggaran dari pada itu,” jelas Anton, Jumat (16/4/21).

Menurut Anton, harga Rp. 3,8 miliar untuk dua kendaraan dinas baru memang relatif, namun seandainya fasilitas itu tidak kontributif bagi rakyat, keberadaannya layak dipertimbangkan lagi.

Meskipun proses penganggarannya pun sudah sesuai ketentuan berlaku, perlu juga mempertimbangkan akuntabilitas publik dan perlu adanya aspek-aspek sosiologis yang harus diperhatikan, karena di sinilah masyarakat melihat kepekaan dan kepatuhan seorang pejabat publik.

Sementara, Kabag Administrasi Umum Setda Kabupaten RL Yudi Irawan SE membenarkan adanya anggaran pengadaan 2 mobil dinas baru tersebut dan informasinya sudah tayang untuk dilelang di LPSE.

“Kalau peruntukkan mobil dinas baru tersebut nantinya adalah untuk mobil khusus tamu di rumah dinas Bupati Rejang Lebong dan merupakan program pengadaan barang milik daerah penunjang urusan pemerintah,” jelas Yudi, Kamis (15/4/21). RHHR – Rejang Lebonga

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0