Tamaka: Predikat WTP Tiga Tahun Berturut-turut Berkat Kerja Keras Pemkot Manado | Bhayangkara Nusantara

Tamaka: Predikat WTP Tiga Tahun Berturut-turut Berkat Kerja Keras Pemkot Manado

 57 total views

Tak memiliki catatan hitam selama mengemban karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Manado menjadi tolak-ukur bahwa kinerja seorang Johnly Tamaka, SE, Kepala Badan Keuangan (Kaban BKD) diapresiasi sejumlah ASN di lingkungan BKD Manado.

Mereka menyebut, kepemimpinan Tamaka lebih bersifat kekeluargaan seperti bapak dengan anak, sinergitas terbangun dengan baik, rendah hati dan tak segan segan membantu bawahan jika mengalami kesulitan. “Tapi di balik itu beliau tegas dan tak mau menunda-nunda pekerjaan, luar biasa,” ucap salah seorang ASN yang tidak mau menyebutkan namanya.

Sosok yang akrab dengan sapaan Ota ini juga dinilai berhasil mengemban amanat pimpinan dengan baik dan berhasil mengharumkan nama Pemerintah Kota Manado melalui torehan prestasi berupa raihan predikat dari WDP (Wajar Dengan Pengecualian) 2016 ke WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) selama tiga tahun berturut yakni, tahun 2017, 2018, 2019.

Sementara untuk tahun 2020 menunggu LHP BPK RI, diakuinya meskipun demikian ada juga sejumlah temuan tapi lebih bersifat administrasi dan semua temuan tersebut berhasil diperbaiki sesuai petunjuk BPK RI Wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Meski demikian, dia tidak berbangga diri dengan prestasi tersebut, karena menurutnya keberhasilan meraih predikat WTP opini BPK RI tiga tahun berturut-turut bukan karenanya. “Akan tetapi berkat arahan dan petunjuk Pak Walikota, DR. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA,” ujar Tamaka yang juga Ketua DPC IKISST Bitung.

Menurutnya, Walikota juga terus mengingatkan semua jajarannya untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing perangkat SKPD menyangkut tata-kelola administrasi pemerintahan daerah dan tata-kelola keuangan daerah dilakukan secara transparan, akuntabel dan profesional.

Ketua Umum IKISST Sulut, Prof. Urbanus Naharia
Baca Juga:  Malam Pisah Sambut Kajari Bangkalan
Baca Juga:  Forkopimcam Susukan Semarang Turut Awasi Penyaluran Bantuan BST

Yang pasti kata Tamaka, predikat WTP tiga tahun berturut-turut tidak terlepas dari peran serta dan kerja-sama seluruh perangkat daerah. “Bukan karena saya, saya hanya bagian dari bagaimana pengelolaan keuangan dan aset daerah dilakukan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, tidak lebih dari itu,” ungkapnya.

Dan kalau belakangan Pemkot Manado berhasil meraih predikat WTP itu karena kerja keras semua jajaran SKPD Pemkot Manado. “Di dalamnya Bapak Walikota yang terus mendorong agar tercipta sebuah pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” paparnya.

Dibagian lain, Ketua Umum IKISST Sulut, Prof. Urbanus Naharia dan jajaran pengurus, penasehat berharap kepada Gubernur Olly Dondokambey untuk kiranya berkenan mengakomodasi sejumlah birokrat Nusa Utara, antara lain, Johnly Tamaka, SE, Herry Wolf, Stenly Patimbano dan Pontowuysang Kakauhe.

Ke empat nama birokrat asal Nusa Utara ini dinilai mumpuni, berkapasitas, berintegritas dan berbobot, kinerjanya benar-benar terukur, baik hati dan rela berkorban, inter-aksi dengan warga Nusa Utara sangat baik, pendek kata, kebaikan telah menjadi gaya hidup mereka sehari-hari.  John-Sulut

Komentar Anda
+1
1
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0