Takbir Keliling di Masa Pandemi? Perhatikan Baik-Baik Pesan Kapolres Gresik

 210 total views

IDUL Fitri 1442 H/2021 M sudah dekat, diambang pintu. Sementara pandemi Covid-19 masih mengancam keselamatan masyarakat.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Salah satunya pembatasan mobilitas masyarakat, dan larangan mudik di masa pandemi.

Pendisiplinan protokol kesehatan secara masiv juga terus digelorakan. Bahkan ketika vaksinasi terus dipercepat, tiada pelonggaran diberikan terkait kepatuhan pencegahan penyebaran virus Wuhan itu.

Setelah mengeluarkan kebijakan larangan mudik lebaran, kini pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Menag RI No. SE 07 tahun 2021 tentang malam Takbiran.

Dalam Surat Edaran Menteri Agama tersebut disebutkan, malam takbir dalam rangka menyambut Idul Fitri 1442 H dapat dilaksanakan di semua Masjid dan Musholla.

Baca Juga:  Kapolri Jenderal Tito Karnavian: "Selamat Hari Tentara Nasional Indonesia ke-74"
Baca Juga:  Kunjungi Jawa Timur, Irjen Pol. Arman Depari Sampaikan Bahaya Narkoba dan Covid-19

Syaratnya, dilakukan secara terbatas maksimal 10% dari kapasitas Masjid dan Musholla, dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Di dalamnya juga tertuang ditiadakannya takbir keliling guna mengantisipasi keramaian. Sedangkan takbir di Masjid maupun Mushalla dapat dipancarluaskan melalui virtual.

Menyikapi anjuran tersebut, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, SH, SIK, MM mengimbau masyarakat untuk mematuhinya.

“Kami minta masyarakat tidak melakukan takbir keliling dan bagi pemilik sound sistem agar tidak menyewakan atau menyiapkan sound sistemnya untuk kegiatan takbir keliling,” tegas AKBP Arief.

Alumni Akpol 2001 tersebut menandaskan, Polres Gresik bersama Kodim 0817 dan Pemkab Gresik menyiapkan personel untuk bersiaga dan membubarkan masyarakat yang mencoba-coba melakukan takbir keliling.

Pihaknya juga mengajak masyarakat melakukan takbiran secara virtual saja. Maupun di Masjid atau Musholla dengan maksimal 10% dari kapasitas.

Tidak melakukan takbir keliling di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dinilai lebih bijak dan bermanfaat demi kebaikan bersama. SPR BN Gresik

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0