Susun RKPD, FLPD Kota Tomohon Gelar Forum Antar Pelaku Pembangunan

 127 total views

FORUM Lintas Perangkat Daerah (FLPD) pada Sekretariat DPRD dan Sekretariat Daerah menggelar kegiatan forum antar pelaku pembangunan di Rumah Dinas Walikota Tomohon, Jumat (19/3/21).

Walikota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, SH melalui Penjabat Sekot Jemmy Ringkuangan, AP, M.Si membuka kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah ini dalam rangka menyusun Rencana Kerja Perangkat Daerah dan RKPD Kota Tomohon tahun 2022.

Pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah ini adalah amanat dari Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten/Kota di Kecamatan untuk renja perangkat daerah Kabupaten/Kota.

Baca Juga:  Vicon dengan Presiden Jokowi, Walikota Tomohon Bahas Soal Bencana dan Cara Penanggulangannya
Baca Juga:  Walikota dan Ketua TP PKK Tomohon Serahkan Santunan Duka kepada Keluarga Almarhum Budayawan

Selain itu forum ini juga untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Kemudian menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Forum perangkat daerah ini adalah lanjutan dari pelaksanaan Musrenbang Kelurahan, Kecamatan yang telah dilaksanakan se-Kota Tomohon pada beberapa minggu lalu.

Hasil rekapitulasi dari pelaksanaan Musrenbang Kelurahan/Kecamatan tersebut harus menjadi dasar dalam pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah ini, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan. Selanjutnya hasil dari Forum Lintas Perangkat Daerah ini akan menjadi bahan kerja dalam Musrenbang RKPD kota nanti.

“Untuk tahun 2022, prioritas yang kita laksanakan tidak terlepas dari prioritas nasional, provinsi dan juga prioritas Kota Tomohon. Untuk prioritas Kota Tomohon tahun 2021 sampai dengan 2026 kita mengacu kepada visi-nisi dan prioritas unggulan,” kata Jemmy.

Ia menegaskan, pekerjaan ke depan memang tidak ringan, penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan tanpa KKN harus terus ditingkatkan dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya menekankan beberapa hal, pertama agar para aparat lebih tanggap terhadap situasi dan kondisi di lapangan khususnya saat pandemi Covid-19 yang masih sementara kita rasakan untuk terus berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait dalam rangka usaha kita untuk pemutusan rangkaian penyebaran virus Covid-19,” katanya.

Kemudian meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi halangan dan rintangan yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah kita. “Lalu sinergitas yang konstruktif perlu dibangun karena pesta pemilukada telah usai, mari bekerja bersama, bersama bekerja dalam rumah besar Pemerintah Kota Tomohon,” ujarnya.

Jemmy juga mengingatkan untuk fokus merealisasikan visi dan misi CSWL, perangkat daerah merupakan operator visi dan nisi Walikota dan Wakil Walikota. “Oleh karena itu kita dituntut mampu menjalin koordinasi, harmonisasi dan membangun stabilitas,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, ASN harus menjadi jembatan penghubung antara kebijakan pemerintahan dan kebijakan politik, karena itu kita harus memiliki kematangan berpikir, kematangan bersikap dan kematangan bertindak.

“Tomohon layak disebut wonderland dikarenakan daerah strategis sebagai kota religius, kota pendidikan dan kota wisata. Maka kunci keberhasilan seorang aparatur sipil negara adalah menyenangkan hati Tuhan, menyenangkan hati pimpinan dan menyenangkan hati masyarakat,” ungkapnya..

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris DPRD Kota Tomohon Fransiskus F. Lantang, SSTP, Kepala Bapelitbang Daerah Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon lainnya. Bert – Tomohon

Komentar Anda
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0