Sosialisasi Pembinaan Ormas, Pemkot Tomohon: Diperlukan Komitmen Bersama untuk Pahami Peran | Bhayangkara Nusantara

Sosialisasi Pembinaan Ormas, Pemkot Tomohon: Diperlukan Komitmen Bersama untuk Pahami Peran

 314 total views

WAKIL Walikota Tomohon, Wenny Lumentut, SE jadi narasumber sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Pembinaan Organisasi Masyarakat (Ormas) bertema “Meningkatkan Kemandirian Ormas Sebagai Mitra Pemerintah” yang digelar di Hotel Grand Master, Jumat (30/4/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1302/Minahasa Letkol Infanteri Herberth Andi Amino Sinaga, S.IP, Kajari Tomohon Fien Ering, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Tondano Nova Loura Sasube, SH MH serta ormas di Kota Tomohon.

Sementara Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, SH diwakili Pj Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, AP, MSi.

Baca Juga:  Pendataan Bantuan RTLH, Walikota Tomohon Tegaskan: "Harus Tepat Sasaran"
Baca Juga:  Ketua IAD Sulut Ikuti Vicon IAD se-Indonesia dengan Ibu Jaksa Agung

Dalam sambutannya mewakili Walikota, Jemmy mengatakan, dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat dan tata kelola negara, ormas senantiasa hadir dan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan dan menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, patut dicatat dalam sejarah keberadaan organisasi masyarakat pada bangsa dan negara. Dengan demikian, diperlukan sistem hukum dalam memberikan pengakuan terhadap eksistensi dan perlindungan keberlangsungan hidup ormas sehingga tetap berakar pada sejarah dan nilai-nilai yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Oleh karena itu, kami menyambut baik kegiatan ini, yang merupakan upaya kita untuk penyamaan persepsi dan pemahaman secara jelas dan gamblang terhadap satu hal yang penting,” kata Jemmy.

Perlu diingat, lanjutnya, diperlukan komitmen bersama dari seluruh ormas dalam memaknai dan memahami peran yang diembankan dalam rangka membantu pelaksanaan pembangunan nasional secara luas, lebih khusus peran aktif dalam medorong setiap program pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Tomohon.

Kesamaan visi dan persepsi bertujuan agar tidak terjadi kesalapahaman yang pada akhirnya dapat mengundang konflik di tengah-tengah masyarakat. Karena itu pemerintah wajib melakukan pembinaan dalam rangka mengembangkan dan mendayagunakan peran ormas sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam pembangunan secara swadaya.

Baca Juga:  Pantau Pelaksanaan Vaksinasi di Polres Tomohon, Istri Walikota Yakinkan Warga Vaksin Aman

Pada saat ini, pemerintah menempatkan ormas sebagai mitra kerja yang diharapkan partisipasi aktifnya untuk bersama membangun Kota tomohon. Ormas juga dituntut membangun kerjasama yang baik, menjaga dan memelihara keamanan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Untuk itu, mari kita ikuti sosialisasi pembinaan ini dengan baik, sehingga dapat membawa pencerahan kepada kita semua dalam berorganisasi dan marilah kita saling membantu dan bahu-membahu, bergandengan tangan, samakan visi misi kita dalam rangka membangun Kota Tomohon yang kita cintai,” ajak Sekda. Bert – Tomohon

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0