Sosialisasi dan Implementasi CHSE, GSVL: “Pariwisata Kota Manado Harus Bangkit”

 81 total views,  1 views today

USAI melakukan penyerahan bantuan sembako dan dana lansia kepada yang berhak menerima, orang nomor satu Kota Manado itu sepertinya tak mengenal kata lelah. Apalagi berhenti dari aktifitasnya sebagai Walikota Manado, tak ada dalam benaknya. Suami dari Prof. DR. Julyeta Paula Amelia Runtuwene, MS ini terus memaknai tugasnya lewat tindakan dan perbuatan nyata.

Di tengah rutinitas tugas yang semakin padat, DR. Ir. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA melakukan sosialisasi dan implementasi Program Kementerian Pariwisata yakni Cleanliness, Healt, Environment, Sustainability (CHES), sebagai salah-satu upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi khususnya di sektor Pariwisata.

Meskipun situasi dan kondisi negara/daerah masih dihadapkan dengan makin mewabahnya pandemi Covid 19, ekonomi Indonesia khususnya, sektor pariwisata tak boleh berhenti dalam rentang waktu yang lama. “Pariwisata harus bergeliat dan bangkit sebagai salah-satu sub sektor andalan devisa negara/daerah,” ucap Lumentut.

Namun demikian, seiring mulai bergeliatnya sektor Pariwisata di Kota Manado, masyarakat tak boleh abay apalagi lalai dalam mematuhi protokol kesehatan. Sebab, hanya dengan kedisiplinan menerapkan prokes, Kota Manado akan terbebas dari Covid 19 dan semua aktifitas akan berjalan normal kembali dan masyarakat dapat menjalani hidup seperti sedia kala.

Mantan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini mengatakan, hanya dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan (4M), mata-rantai penyebaran Covid 19 niscaya akan akan dapat diputus.

Baca Juga:  Bupati Pringsewu Terima Audiensi KP2KP
Baca Juga:  Pemdes Sekarmulya Laksanakan Proyek Jaling Kualitas Beton dari Banprov 2020

Jika sebelumnya semua aktifitas ditutup akibat Covid-19 memaksa semua pihak harus berdiam diri di rumah, bekerja dari rumah, beribadah di rumah dan belajar dari rumah memang sempat membuat jenuh dan bosan, semua itu bukan karena kemauan pemerintah, tapi lebih disebabkan oleh mewabahnya Covid-19 di seantero jagad.

“Namun demikian, saya sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan, Pengendalian dan Pencegahan Penyebaran Covid 19 Kota Manado harus segera mengambil langkah untuk menjaga kondisi perekonomian bangsa ini agar tidak makin terpuruk dan langkah tersebut saya lakukan usai perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Agustus lalu, semua aktifitas perekonomian khususnya sektor Pariwisata dibuka kembali,” kata Lumentut.

Dinamika perekonomian di sejumlah pusat perbelanjaan mulai bergeliat, kegiatan perkantoran juga diizinkan untuk beraktifitas kembali, destinasi wisata dibuka untuk umum meskipun masih dalam pembatasan, di kandung maksud agar ekonomi Kota Manado terus berputar, khususnya sektor Pariwisata harus segera bangkit. Kesempatan yang sama Walikota mengajak turis baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Manado.

Sosialisasi dan implementasi CHSE oleh Walikota Manado dipaparkanya di hadapan 400-an lebih Satuan Tugas Covid 19 tingkat lingkungan se-Kecamatan Mapanget yang digagas Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu, mantan Camat Mapanget, yang mengusung tema “Bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (DAS)”

Baca Juga:  Wabup Pringsewu Terima Penghargaan Serat Wawangi

Dalam arahannya kepada Satgas Covid 19 tingkat lingkungan, Walikota mengingatkan betapa pentingnya pemahaman masyarakat tentang protokol kesehatan merupakan tanggungjawab satgas selaku ujung tombak dalam penegakan aturan prokes. “Bukan hanya menyangkut keselamatan diri sendiri, tapi juga keselamatan orang lain, anak, suami/istri bahkan seisi rumah,” jelas Walikota.

Kegiatan sosialisasi dan implementasi CHSE digelar di eks Giant Mall, Kelurahan Kairagi II, pada Selasa (2/12/20). Kesempatan tersebut Walikota Vicky Lumentut didampingi Ass I Herry Saptono, Inspektur Ato Bulo, Jubir Gugus Tugas Covid 19 dr. Sanil Marentek, Stafsus Didi Syafii, Danny Kumajas, Camat Mapanget Robert Dauhan dan penggagas acara Lenda Pelealu, Kadispar Manado. John-Sulut

Komentar Anda

+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0