Sinergi dengan MPR-RI, Ini yang Dibahas FPPI Terkait Peran Perempuan Indonesia | Bhayangkara Nusantara

Sinergi dengan MPR-RI, Ini yang Dibahas FPPI Terkait Peran Perempuan Indonesia

 123 total views

KETUA MPR-RI, Bambang Soesatyo menerima kunjungan Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI), di Gedung MPR/DPR Jakarta, Senin (10/08/2020).

Pertemuan yang dihadiri para pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPPI tersebut juga disiarkan secara online membahas Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.

Menurut BamSoet, sapaan akrab Ketua MPR-RI, dalam kebangsaan bela negara kaum perempuan memiliki peran yang sangat besar. Nilai-nilai kebangsaan tidak begitu saja hadir dalam benak anak bangsa. Harus ditanamkan dan diwariskan dari generasi ke generasi melalui pendidikan karakter.

“Hal ini menjadi kewajiban yang utama dalam keluarga. Oleh karena itu, peran serta perempuan sebagai seorang ibu sangat penting dan menentukan,” kata Bambang Soesatyo.

BamSoet juga mengatakan, Perempuan Indonesia harusnya lebih maju, bahkan dibanding AS dimana kesetaraan gender mengalami stagnasi. “Sayangnya dalam indeks kesetaraan gender 2020 yang dirilis oleh World Economic Forum (Forum Ekonomi Dunia), Indonesia berada di urutan ke 85 dari 153 negara, jauh di bawah Filipina (16) urutannya, Laos (43) dan Singapura (54). Ini menjadi kerjaan rumah kita bersama,” kata Bamsoet.

Lanjut BamSoet, keterwakilan perempuan di politik (DPR-red.), periode 2019-2024 menjadi 118 orang atau naik 20,55 persen. Akan tetapi partisipasi perempuan di DPR belum memenuhi 30 persen. “Masih perlu perjuangan keras untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam berbagi sektor kehidupan,” ujarnya.

Lebih lanjut BamSoet mengapresiasi kinerja FPPI yang telah berupaya keras memberdayakan dan membantu kaum perempuan khususnya di masa pandemi ini.

“Saya yakin, ke depan kiprah FPPI akan semakin nyata di tengah tengah masyarakat. Utamanya dalam mendidik generasi bangsa untuk lebih memahami dan memaknai Pancasila serta keberagamaan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPP FPPI, DR. Marlinda Irwanti SE, M.Si menjelaskan, keberadaan FPPI selama ini telah turut serta memberikan kontribusi positif bagi pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Baca Juga:  Pembangunan Talud Tahap Tiga Pekon Ambarawa Terpasang Papan Informasi Giat Pembangunan Tahap Dua

Tak hanya di DPP, tapi DPD-DPD pun harus terus bergerak melakukan pemberdayaan, sehingga perempuan Indonesia biasa lebih tangguh dalam menjalani proses kehidupannya.

Secara Rutin FPPI turun ke masyarakat, baik memberikan bantuan maupun mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari wabah virus Corona.

“Perempuan juga harus diedukasi agar dapat memastikan keluarganya sehat. Dengan pengetahuan yang cukup, semoga para perempuan mampu menularkan ilmunya kepada masyarakat sekitar,” kata Marlinda.

Sementara Sekjen DPP FPPI, Dr. Dyah Eko Setyowanti sekaligus moderator pada kegiatan webinar ini menambahkan, ke depan ada banyak program pemberdayaan perempuan yang akan dijalankan FPPI.

“Kita berharap perempuan perempuan Indonesia bisa kuat dan berperan aktif dalam kehidupan ekonomi dan sosial di bangsa ini,” tandasnya. WAID – JAKARTA

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1