Sesuai Putusan Kasasi MA, PLN Area Manado Harus Terbuka dalam Informasi Publik kepada Lembaga Ini – Bhayangkara Nusantara

Sesuai Putusan Kasasi MA, PLN Area Manado Harus Terbuka dalam Informasi Publik kepada Lembaga Ini

 166 total views,  1 views today

PUTUSAN Kasasi Mahkamah Agung RI Nomor 503 K/Pdt.Sus-KIP/2020 telah membatalkan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Manado yang menolak permohonan informasi publik oleh Lembaga KPK Sulut kepada Manajer Area PLN Manado menyangkut fasilitas kelistrikan di kawasan Megamas Manado.

Perkara ini berawal dari keberatan pihak PLN Area Manado terhadap putusan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara yang memerintahkan kepada Manajer PLN Area Manado untuk memberikan informasi yang diminta Lembaga KPK Sulut mengenai fasilitas kelistrikan di Kawasan Megamas Manado, karena informasi yang diminta tersebut merupakan informasi publik.

Baca Juga:  H. Lalu Winengan, HK: "PNS Selalu Tersiksa Jelang Pilkada"
Baca Juga:  Peringatan Tak Digubris, Bawaslu Sangihe Sapu Bersih APK dan Panji Parpol yang Tak Mau Turun

Kemudian Manajer PLN Area Manado selaku penggugat mengajukan gugatan keberatan kepada PN Manado melawan Lembaga KPK Sulut dan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara. Gugatan pihak Manajer PLN Area Manado dikabulkan PN Manado dan menolak untuk memberikan data/informasi publik kepada Lembaga KPK Sulut yang tertuang dalam Putusan PN Manado Nomor 247/Pdt.G/2018/PN.Mnd.

“Putusan mana langsung diajukan Kasasi oleh Lembaga KPK Sulut. Akhirnya Mahkamah Agung RI memutuskan dan memerintahkan kepada Manajer PLN Area Manado untuk memberikan informasi yang diminta oleh Pemohon Kasasi yaitu Lembaga KPK Sulut,” kata Direktur Lembaga KPK Sulawesi Utara Bertje Rotikan, Rabu (6/1/21).

Bertje menambahkan, informasi publik yang diminta sebagaimana tertuang secara rinci dalam putusan Kasasi Mahkamah Agung RI. BN01- Sulut

Komentar Anda

+1
0
+1
0
+1
1
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0