Serahkan Delapan Unit Ambulance, Bupati Sangihe Ingatkan Sopir: "Rawat Mobil, Jangan Lupa Ganti Oli" | Bhayangkara Nusantara

Serahkan Delapan Unit Ambulance, Bupati Sangihe Ingatkan Sopir: “Rawat Mobil, Jangan Lupa Ganti Oli”

 629 total views

DELAPAN unit ambulance diperuntukan bagi delapan puskesmas yang tersebar pada delapan wilayah kecamatan di Kabupaten Sangihe diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, SE, ME, Kamis (12/11/20).

Sambil berpesan, Bupati Sangihe mengingatkan kepada para sopir agar armada ambulance ini dirawat dengan baik. “Dan jangan Lupa ganti oli,” tandasnya.

Penyerahan delapan unit ambulance ini berlangsung di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe yang dihadiri seluruh pihak penerima, baik pimpinan atau perwakilan dan para sopir ambulance dari delapan puskesmas masing-masing.

Baca Juga:  Pemdes dan Babinsa Trosobo Bantu Cegah Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Boyolali

Di antaranya Puskesmas Enemawi Kecamatan Tabukan Utara, Pintareng Kecamatan Tabsel Tenggara, Salurang Kecamatan Tabsel Tengah, Manente Kecamatan Tahuna, Kahakitang Kecamatan Tatoareng, Kuma Kecamatan Tabukan Tengah, Puskesmas Marore Kecamatan Marore dan Puskesmas Tamako.

Pada kesempatan itu di akhir sambutannya Bupati Sangihe berpesan kepada semua pihak penerima ambulance agar merawat sebaik mungkin armada medis ini serta jangan hanya suka menggunakan kendaraan ini tapi tidak mau merawat khususnya jangan sampe lupa ganti oli.

Meski sempat terlantar tidak bisa dioperasikan selama kurang lebih tiga bulan, delapan unit ambulance berlabel Isuzu yang dibeli dengan sistem (e-katalog) itu sudah tiba di Sangihe sejak pertengahan Agustus lalu. Namun hanya menganggur terparkir di halaman Rumah Sakit Liungpaduli Enemawira, Kecamatan Tabukan Utara karena belum memiliki surat dokumen kendaraan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe, Dr. Joppy Thungari bersama staf teknis, Adrince Caroline menjelaskan kalau pembelian delapan unit ambulance ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik reguler dan DAK afirmasi tahun 2020 dengan nominal harga ambulance yang bervariasi.

Baca Juga:  Lurah Rangkapan Jaya Baru, Depok Sigap Tanggap Tekan Covid-19

Untuk ambulance double gardan dibeli senilai Rp. 572.620.500,-/unit mobil. Jenis ini ada dua unit. Sedangkan untuk yang single gardan dibandrol seharga Rp. 423.395.500,-/unit dan untuk jenis ini ada enam unit. Jadi total anggaran belanja yang terpakai mencapai Rp. 3.685.614.000,-.

Sementara pejabat KPA pengadaan delapan unit ambulance di Dinkes Sangihe, Mumba Kalendesang yang dikonfirmasi bhayangkaranusantara com mengatakan kalau pagu anggaran masih tersisa setengah dari pagu yang disediakan setelah pembelian delapan unit ambulance ini, meski dia tak menyebutkan secara rinci berapa total pagu anggaran yang dimaksud itu. Adrianto-Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0