Selakambang Siap Produksi Aneka Olahan Hasil Pertanian | Bhayangkara Nusantara

Selakambang Siap Produksi Aneka Olahan Hasil Pertanian

 322 total views

PARA ibu rumah tangga di Desa Selakambang, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan kripik dari hasil pertanian yang diadakan di kediaman Kepala Dusun Beji sejak 1 – 24 Februari 2021.

Pelatihan ini merupakan bagian dari program Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang dikelola Disnaker Provinsi Jawa Tengah.

“Pelatihan ini diikuti 16 ibu rumah tangga, ddengan tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui pembekalan keterampilan (life skill)” kata Kepala Desa Selakambang, Bambang, Sabtu (13/2/21).

Heru selaku instruktur menjelaskan, materi pokok pelatihan ini tentang pengolahan aneka jenis kripik dari hasil pertanian, yang bisa disediakan langsung oleh masyarakat setempat.

Sementara pada sesi pengorganisasian dan advokasinya, Setiyo Haryono selaku pendamping Desa Pemberdayaan wilayah Kecamatan Kaligondang memberikan motivasi dan memfasilitasi penyusunan strategic planning untuk pengembangan UMKM, khususnya bagi peserta pelatihan.

Selakambang Siap Produksi Aneka Olahan Hasil Pertanian

Baca Juga:  Bunda PAUD Bangkalan Dorong Terciptanya PAUD Holistik Integratif
Baca Juga:  Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama di Sangihe Hantarkan Gaghana Raih Harmony Award 2020

Harapannya, para peserta mampu berkembang dan mengaplikasikan skill yang dimiliki pasca pelatihan. Mulai dari pembentukan kelompok usaha mikro sampai pada penyusunan kegiatan yang terstruktur.

“Karena rata-rata model pelatihan kaya gini gak ada tindak lanjut yang berkelanjutan, sehingga tidak memiliki efek apapun bagi masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Salmo menegaskan, agar ada tindaklanjut yang konkrit dari para peserta, BPD siap menjembatani agar bisa berkembang.

Selakambang Siap Produksi Aneka Olahan Hasil Pertanian

Baca Juga:  Teten: "Indonesia Terbanyak UMKM Dibanding Negara Tetangga, Tapi Kurang Produktif"

Tri Wahyuni, salah seorang peserta pelatihan merasa sangat senang dapat mengikuti pelatihan pengolahan kripik ini. Pasalnya bisa menjadi solusi kesulitan ekonomi di musim pandemi ini.

“Harapan ke depan agar bisa membuka usaha dengan bahan baku hasil pertanian,” kata Tri. Al Arif/Sigit – Purbalingga

Komentar Anda
+1
0
+1
1
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0