Sejumlah Tokoh IKISST Sulut Layangkan Mosi Tak Percaya Terhadap Kepemimpinan Prof. Naharia | Bhayangkara Nusantara

Sejumlah Tokoh IKISST Sulut Layangkan Mosi Tak Percaya Terhadap Kepemimpinan Prof. Naharia

 239 total views

KETUA Umum Pengurus Besar Ikatan Kekeluargaan Indonesia, Sangihe, Sitaro, Talaud PB (IKISST) Provinsi Sulawesi Utara di bawah kepemimpinan Prof. DR. Urbanus Naharia, M.Si dinilai tak becus menahkodai organisasi tempat berhimpunnya masyarakat Nusa Utara.

Entah apa yang ada di benak Guru Besar dan peneliti senior Universitas Negeri Manado (UNIMA) ini memunculkan sejumlah tanya dari tokoh dan penasehat IKISST Sulut, ada apa dengan mantan Direktur Pasca Sarjana UNIMA terkait tarik ulur waktu pengukuhan dan pelantikan pengurus terpilih secara sah melalui Forum Musyawarah Cabang DPC IKISST Kota Manado yang digelar beberapa waktu lalu.

Sosok yang juga disebut akademisi handal tapi dinilai berotak dangkal ini sepertinya tak memahami suasana kebatinan pengemuka, penih-sepuh dan tokoh masyarakat Nusa Utara yang kini gamang dan meradang melihat ulah dan tingkah-laku sosok yang dicopot dari jabatannya sebagai Direktur Pasca Sarjana UNIMA terkait selentingan yang beredar bahwa yang bersangkutan diduga terlibat korupsi kuliah jarak jauh.

Baca Juga:  Empat Orang Sembuh dari Covid-19 di Klaten, Tambah Satu Pasien Positif Baru

Sejauh mana kebenaran selentingan tersebut, masih perlu ditelisik lebih jauh dan butuh konfirmasi dari yang bersangkutan tapi, terlepas benar tidaknya kabar tersebut itu persoalan lain. Hal utama yang jadi pertanyaan tokoh masyarakat Nusa Utara, ada apa dan mengapa dia harus menunda-nunda waktu pengukuhan dan pelantikan pengurus DPC IKISST Kota Manado.

“Seorang ketua umum sejatinya jadi panutan, baik dalam berucap dan bertindak, dengan kata lain setiap ucapan yang keluar dari mulut pemimpin harus selaras dengan tindakan serta perbuatan, bukan lain di mulut lain pula dihati,” ucap sejumlah tokmas Nustar.

“Naharia tak boleh berbuat sesuatu berdasar keinginannnya, sebab ini berbicara kepentingan dan kebesaran organisasi,” tandas salah seorang pengurus IKISST Sulut.

Berbagai tudingan tak sedap dilayangkan kepada dirinya terkait ketidakmampuannya dalam mengawaki jalannya roda organisasi, cenderung ambivalen, tak punya sikap, takut bertindak dan terkadang berstandar ganda. Sikap tersebut jelas nampak ada dalam diri dari sosok yang disebut-sebut intelektual, berbanding terbalik dengan predikatnya.

Dari ketidak becusannya dalam memimpin organisasi, sejumlah pengurus, penasehat IKISST Sulut dan cikal-bakal pengurus DPC IKISST Kota Manado melayangkan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Prof. Naharia.

“Kami meminta Ketua Dewan Pembina IKISST Sulut Edwin Silangen, SE, MSi segera menggelar Musyawarah Besar Luar Biasa (Mukerbeslub) untuk menggantikan posisi Naharia sebagai Ketum PB IKISST,” desak sejumlah tokoh yang tidak mau namanya dipublish.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Besar IKISST Prov. Sulut – Nusa Utara Prof. Naharia maupun Sekretaris IKISST Sulut, Stenly Patimbano hingga berita ini tayang, jawabannya terbatas pada debat kusir semata.

Baca Juga:  Sempat "Merah", Purbalingga Mulai Bergerak "Oranye", Masyarakat Diminta Tetap Waspada Covid

Berikut percakapan yang didapat:

[6/11 18.07] Stenly Patimbano: Hehehe.., salulu kwà mo politisasi🤣

Biasa jo Bos., IKISST Tetap Netral itu Marwahnya.🙏

[6/11 18.08] Stenly Patimbano: Klw Manado., tinggal mo pastikan waktu saja😇
[6/11 19.07] Stenly Patimbano: Hahaha.., nda usah berandai2 samua pasti aman2😇🙏

Entah ke mana dan kepada siapa dukungan IKISST Sulut makin tak jelas, kedua-keduanya seakan tak mau berandai-andai. Lihat saja waktunya.

Sementara, Prof Naharia hingga berita ini tayang tak memberi tanggapan atas upaya klarifikasi yang dilakukan wartawan media bhayangkaranusantara.com terkait desakan mosi tak percaya terhadapnya. John-Sulut

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0