Satu Jam Mengaji Bersama Polisi ke 36 Digelar di Masjid Nurul Iman Kebun Jeruk | Bhayangkara Nusantara

Satu Jam Mengaji Bersama Polisi ke 36 Digelar di Masjid Nurul Iman Kebun Jeruk

 290 total views

DIRBINMAS Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Pol. Badya Wijaya, SH, MH kembali melaksanakan Program Kapolda Metro Jaya “Satu Jam Mengaji Bersama Polisi”.

Kegiatan ke 36 kali ini digelar di Masjid Nurul Iman Kp. Guji Baru, RT. 06/02, Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Senin (24/8/20) Pukul 17.30 Wib s.d. selesai.

Turut mendampingi Dirbinmas PMJ dalam giat ini, Kasubdit Bin Satpam/Polsus Ditbinmas Polda Metro Jaya AKBP Jajang Hasan Basri, S.Ag, M.Si yang juga memberikan tausiyah kepada jamaah masjid.

Hadir juga dari polres jajaran PMJ, Wakasat Polres Metro Jakarta Barat Kompol Purnomo, SH, MM, Kanit Bimas Polsek Kebun Jeruk AKP Suparman, SH, Kapolsubsektor Duri Kepa Iptu Pol Trisno Yuwono, SH, Bhabinkamtibmas Polsek Kebun Jeruk dan anggota Dit Binmas PMJ.

Sementara dari jamaah hadir Ketua DKM Masjid Nurul Iman Ustadz Ngalimin, Sekel Duri Kepa Amril Ismail, Kasi Pemerintahan Kelurahan Duri Kepa Dedi Junaidi, Tokoh Agama, Pengurus Masjid Nurul Iman, Jamaah Masjid Nurul Iman,  Ketua RT 06/RW 2 Sarkat dan Ketua Karang Taruna Kelurahan Duri Kepa Sutono.

Acara diawali dengan Sholat Maghrib berjamaah, pembukaan oleh Pengurus Masjid Nurul Iman, membaca Shalawat dilanjutkan dengan sambutan Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Badya Wijaya, SH, MH disusul ceramah yang disampaikan AKBP Jajang Hasan Basri, S.Ag, M.Si.

Ketua DKM Masjid Nurul Iman Ustad, Ngalimin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Binmas PMJ dan jajaran dengan adanya kegiatan Satu Jam Mengaji Bersama Polisi ini.

“Banyak harapan kita sebagai warga terhadap peran Polri di lingkungan warga kami untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan warga. Program kegiatan ini semoga dapat mempererat hubungan antara masyarakat dengan kepolisian,” ujarnya.

Sementara Dirbinmas PMJ dalam sambutannya mengatakan, program Satu Jam mengaji Bersama Polisi merupakan upaya Polri mengajak warga memakmurkan sholat berjamaah di masjid.

Baca Juga:  Polres Tanggamus Gelar Penyuluhan Hukum kepada Pokdar Kamtibmas Pringsewu

Untuk itu, kata Dirbinmas PMJ, ukhuwah Islamiyah harus ditingkatkan dan dijaga agar barokah sehingga polisi dengan masyarakat lebih dekat. “Meskipun dalam masa PSBB transisi kita masih bisa silaturahmi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” kata Kombes Badya seraya mengajak jamaah, saat adzan berkumandang, segera mengambil wudhu dan mendatangi masjid.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kombes Badya kepada pengurus Masjid Nurul Iman yang telah melaksanakan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker dan mencuci tangan.

Adapun isi kajian atau tausiyah yang disampaikan AKBP Jajang Hasan Basri, S.Ag, M.Si terkait silaturahmi dengan warga/jamaah Masjid Nurul Iman dan memakmurkan masjid dan makmurkan umat di sekitar masjid dengan harapan harkamtibmas berbasis kesejahteraan masjid.

Sedangkan terkait Covid-19, masker merupakan hal yang wajib melekat pada diri kita masing-masing, di samping dengan sering cuci tangan dan social distancing.

Dalam kajian juga jamaah diajak untuk sholat Tahajud berjamaah di mesjid dengan dilanjutkan doa agar pandemi ini segera berakhir dan membahas makna menara masjid bukan sekedar untuk mengumandangkan adzan atau memberikan pengumuman, tapi lebih dari itu, untuk melihat umat di sekitar masjid. Selain itu memperbanyak sedekah dan infaq di masjid.

“Menara masjid bukan saja untuk menaruh speaker, tetapi juga sebagai melihat keadaan umat islam di sekitar masjid. Kemudian iman dan aman saling berkaitan dan diperlukan agar terwujud harkamtibmas yang kondusif,” kata AKBP Jajang.

Dalam kegiatan ini jamah masjid juga ditekankan untuk RAJAWALI, yakni RA-rawatlah keberagaman, JA-jagalah kesatuan dan persatuan, WAL-kawal kemerdekaan, dan I-indahnya kebersamaan.

Kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar dengan menerapkan protokol physical Distancing. Ditutup dengan doa Sholat Isya Berjamaah dan penyerahan bantuan berupa masker dan disinfectant, berlanjut dengan ramah tamah dan foto bersama. BN01- JAKARTA

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1