Sangihe miliki Kampung Siaga Bencana ,JEG Ucapkan Terima kasih pada Direktorat PSKAB KEMENSOS RI

 155 total views

Bhayangkara Nusantara Sangihe

Kampung Siaga Bencana (KSB ) merupakan program dari Kemensos RI melalui Direktorat PSKBA yang di rancang untuk memberikan perlindungan sosial kebencanaan di masyarakat terutama wilayah rawan bencana. Di kabupaten Sangihe , Kampung Bukide merupakan satu satunya KSB yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang pencanangannya di tandai dengan kegiatan simulasi bencana dan apel pengukuhan KSB Sengkanaung Kecamatan Nustab yang di pimpin Bupati Jabes Ezar Gaghana (JEG) di Kampung Bukide beberapa hari lalu.

Bupati sangihe bersama kadisos provinssi sulut

hadir dalam dalam acara pencanangan kampung Siaga bencana di desa Bukide, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara Rinny Tamuntuan,perwakilan Direktorat PSKBA Kemensos RI Arif Afandi Dermawan dan jajaran, Kapolres Sangihe AKBP Denny Wolter Tompunuh serta anggota DPRD Sangihe Denny ROI Tampi dan Demsy Sumendap.
Kadinsos Provinsi Sulut Rinny Tamuntuan
Dalam sambutannya mengingatkan bahwa program KSB harus di manfaatkan sebaik mungkin ,raih informasi dan ketrampilan sebanyak-banyaknya untuk dijadikan bekal dalam mewaspadai potensi ataupun ancaman,sehingga mampu meminimalisir resiko akibat terjadinya bencana.
“Masyarakat adalah sasaran pertama yang langsung berhadapan dengan ancaman dan bencana, karena itu kesiapan masyarakat menentukan besar kecilnya dampak dari bencana tersebut,” ungkapnya.

Bupati sangihe saat apel siaga bencana

Dr Rinni sapaan akrab Tamuntuan, juga menegaskan kalau di kampung Bukide tersedia Lumbung Sosial ( lumbung pangan) yang nantinya akan di gunakan apabila terjadi bencana.

Bupati sangihe bersama seluruh peserta Pencanangan kampung siaga bencana

” Lumbung Sosial dapat digunakan apabila terjadi bencana,sehingga masyarakat di kampung ini sudah tidak lagi sibuk untuk mencari kebutuhan dasar,berupa Beras, minyak goreng, makanan ringan, ikan kaleng serta kebutuhan lainnya berupa tikar, dan perlengkapan rumah tangga,”pungkas istri Ketua DPRD Provinsi Sulut ini.

Sementara itu, Bupati JEG dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Direktorat PSKBA Kementrian Sosial RI yang telah menetapkan Kampung Bukide sebagai kampung siaga bencana.menurutnya,KSB dapat berfungsi sebagai unit penanggulangan bencana daerah,tidak hanya menanggulangi saat terjadinya bencana tapi upaya pengurangan dampak saat terjadi bencana.
“Di harapkan ,dengan dilaksanakannya kegiatan siaga bencana ini,dapat membentuk Masyarakat yang siaga dan siap menghadapi bencana yang mungkin dapat terjadi di luar dugaan ,” kata Gaghana.

Baca Juga:  Dirlantas Polda Jateng Prediksi Arus Balik Long Weekend Maulid Nabi Tahun 1442 H/2020 M Dipercepat
Bupati sangihe saat Menyerakan bantuan sosial

Kegiatan ini diakhiri dengan pengukuhan KSB Sengkanaung Kecamatan Nusa Tabukan oleh bupati Sangihe selaku pembina apel dirangkaikan dengan penyerahan bantuan sosial Secara simbolis yang diserahkan masing masing oleh kadisos provinsi Sulut, Bupati dan Kapolres Sangihe,serta Sejumlah anggota DPRD Sangihe yang turut hadir dalam kegiatan ini.

Adrianto. Sangihe

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1