Sampaikan LKPPD dan LPPD, Sahril, SH: Pemdes Jeringo Terapkan Sistem Good Governance | Bhayangkara Nusantara

Sampaikan LKPPD dan LPPD, Sahril, SH: Pemdes Jeringo Terapkan Sistem Good Governance

 160 total views

PEMERINTAH Desa (Pemdes) Jeringo, Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat menyampaikan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) tahun anggaran 2020 di aula kantor Desa Jeringo, Rabu (31/3/21).

Dalam sambutannya Kades Jeringo Sahril, SH menyampaikan, pelaporan merupakan salah satu mekanisme untuk mewujudkan dan menjamin akuntabiltas pengelolaan keuangan desa, sebagaimana ditegaskan dalam asas Pengelolaan Keuangan Desa (Asas Akuntabel).

“Hakikat dari pelaporan ini adalah Pengelolaan Keuangan Desa dapat dipertanggungjawabkan dari berbagai aspek, baik hukum, administrasi, maupun moral,” ungkapnya.

Baca Juga:  Empat Orang Sembuh, Tiga Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Klaten
Baca Juga:  DPMD Luwu Timur Sosialisasi SDGs dan APBDes di Kecamatan Tomoni

Menurut Sahril, pelaporan pengelolaan keuangan desa menjadi kewajiban pemerintah desa sebagai bagian tak terpisahkan dari penyelengaraan pemerintahan desa.

Pelaporan sebagai salah satu alat pengendalian untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan kegiatan, dan mengevaluasi berbagai aspek seperti hambatan, masalah, faktor-faktor berpengaruh, keberhasilan, dan sebagainya, terkait pelaksanaan kegiatan pemerintah desa.

Sedangkan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Tahun Anggaran merupakan amanat Pasal 8 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa, sehingga kepala desa berkewajiban menyampaikan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Tahun Anggaran paling lambat 3 (tiga) bulan setelah berakhirnya tahun anggaran.

Ini, kata Sahril, sebagai langkah Desa Jeringo dalam menerapkan sistem pemerintahan yang good governance sehingga desa bisa menjalankan tugas fungsinya dengan baik dan benar apabila sudah dilakukan evaluasi atau monitoring oleh semua pihak.

“Karena pelaporan ini ditujukan kepada masyarakat yang kami sampaikan melalui BPD sebagai representative dari masyarakat sendiri, dan melaporkan kepada bupati melalui camat sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemdes Margaluyu, Purwakarta Berhasil Realisasikan Banprov 2020

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua BPD beserta anggota, Sekcam Kecamatan Gunungsari, Sekdes, semua perangkat desa dan perwakilan lembaga desa lainnya.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan berita acara serah terima dokumen sekaligus penyerahan dokumen LKPPD dan LPPD kepada Ketua BPD Desa Jeringo dan Sekcam Kecamatan Gunungsari. Sh – NTB

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0