Sambangi Kampung Hidroponik di Pondok Gede, Wawalkot Bekasi Disambut Tarian "Ronggeng Beken" | Bhayangkara Nusantara

Sambangi Kampung Hidroponik di Pondok Gede, Wawalkot Bekasi Disambut Tarian “Ronggeng Beken”

 308 total views

WAKIL Walikota (Wawalkot) Bekasi, Tri Adhianto untuk kali kedua menyambangi Kampung Hidroponik di RW 12 Jatiwaringin, Pondok Gede, tepatnya samping Posko Pamwil Polrestro Bekasi Kota, Selasa (25/8/20).

Kedatangan Wawalkot disambut hangat warga Jatiwaringin dan PKK RW 012, diiringi dengan menyanyikan lagu Kampung Hidroponik Go Green Bekasi Keren yang dipimpin Kepala Sekolah TK Permata Hati, Sri Susanti.

Usai penyambutan, sebelum menduduki tempat yang telah disediakan Wawalkot Bekasi disuguhkan satu tarian tradisional milik Kota Bekasi “Ronggeng Beken (Bekasi Keren)” oleh leader Gema Nusa Patriot Zona Pondok Gede Maharani Nathasya Zuhriyah dan Safhira Nur Ramadhania.

Keduanya merupakan siswi SMA Negeri 5 Kota Bekasi kelas X yang pada tahun 2019 lalu dilibatkan sebagai penari “Ronggeng Beken” oleh Dinas Pariwisata Kota Bekasi dalam memecahkan record MURI untuk penampilan sebanyak 2019 penari di Kota Bekasi.

Dalam kunjungannya, Tri Adhianto berkesempatan membuka kegiatan lomba Kampung Hidroponik, dimana Kota Bekasi akan memiliki sayuran yang sehat dan segar dengan menanam sistem hidroponik dalam perspektif pertanian perkotaan yang dibangun dengan memanfaatkan lahan kosong di lingkungan.

Sementara kepada tiga pilar, khususnya Babinsa Sertu Zais dan Sertu Bowo, Bhabinkamtibmas Aiptu Wasirun dan Kapolsubsektor Jatiwaringin Ipda H. Muhtar SH, diharapkan agar mengajak masyarakat memanfaatkan ruang kosong diblingkungan untuk pertanian seperti di RW 012.

“Seperti ini contoh, di sini ada kelompok tani dan hidroponik dan untuk keamanan ketertiban masyarakat di sini ada pemantauan wilayah (pamwil). Untuk masalah kesehatan saat pandemi Covid-19 ini, marilah kita selalu menjaga kesehatan selalu menggunakan masker dan cuci tangan dengan hand sanitazer dibantu air yang mengalir, karena Covid-19 belum usai,” terang Tri Adhianto.

Baca Juga:  Kabid Humas Polda Banten: "Insya Allah, Penghargaan Karya Jurnalistik akan Diserahkan Kapolri"

Masih di tempat yang sama, Ketua RW 012 Jatiwaringin yang juga pendiri Pamwil Polrestro Bekasi Kota mengungkapkan, dengan keterbatasan lahan yang ada bukan menjadi hambatan untuk menggali potensi ekonomi yang dimiliki lahan tersebut.

“Di wilayah kami untuk ditanami tanaman-tanaman dengan nilai ekonomi oleh karang taruna dan warga, seperti tanaman pangan, tanaman obat seperti taman toga yang ada di RT 002/12 dikelola Pak RT Suryo. Sedangkan untuk tamanan hidroponik Paranet Cinta dikelola Pak Muhayar dan Aldi Pradana,” ujarnya.

Adapun untuk bank sampah, lanjut RT, dikelola oleh Dimas Rizki Mardani dari Karang Taruna RW 012 Jatiwaringin dan kelompok tani yang pelopori Nurjaya dan Agung Sajuri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Nesan Sujana, ST, MT dan Ibu Tety Handayani selaku Sekcam Pondokngede, terutama Lurah Jatiwaringin, M. Reward Aprilian, M.Si dan tiga pilar yang selalu mendukung langkah kami untuk ketahanan pangan dan kamtibmas demi kemajuan bersama,” jelas Ketua RW 12, Syahril H. Maih.

Dalam rombongam tersebut Wawalkot juga membawa tim penilai dari Dinas Pertanian Kota Bekasi yang diketuai Kabid Pertanian Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi Ani Marijam, M.Si, Kasi Holtikultura Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi Ir. Resmi Widjawati dan Ir. Tri imaningtyas, MM, Staf Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Isye, Staf Dinas Perekonomian Setda Kota Bekasi Ain dan Kordinator PPL Kota Bekasi Nur Rahayu, S.Sp.

Dalam giat tim ini melakukan tanya jawab kepada Abdullah Muhayar selaku Ketua Kelompok Taman Hidroponik Paranet Cinta RW 012 Jatiwaringin seputar penilaian. Selanjutnya meninjau ke lokasi untuk melihat hasil taman tersebut. Usai acara penilaian, para hadirin melakukan panen raya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca Juga:  Pererat Silaturahim, Ponpes Ijtihadul Mu'minin Kuripan Gelar Sholawat Nariyah

Sementara di tempat terpisah, jajaran Pamwil yang ketuai Subur Suhendra, Danpos Jatimakmur Jaja serta Bhabinkamtibmas Jatimakmur Bripka Sapto Aji menyambut kedatangan Tri Adhianto di RW 20 Komplek Sigma untuk meninjau kesiapan RW Siaga yang diterima langsung Lurah Jatimakmur, Atmanto.

Semua kegiatan berjalan aman, lancar dan tertib dengan tetap menggunakan standar protokol kesehatan. Yusup Bahtiar – Bekasi

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1