Sah, KPU Kota Tomohon Restui Berkas Persyaratan Pendaftaran Tiga Pasangan Balon Walikota dan Wakil Walikota – Bhayangkara Nusantara

Sah, KPU Kota Tomohon Restui Berkas Persyaratan Pendaftaran Tiga Pasangan Balon Walikota dan Wakil Walikota

 234 total views,  1 views today

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menjadwalkan, tahapan pendaftaran bakal calon Walikota Tomohon dan Wakil Walikota Tomohon dibuka selama tiga hari mulai hari Jumat 4 September hingga berakhir Minggu 6 September kemarin.

Pantauan bhayangkaranusantara.com selama dua hari di lokasi pendaftaran di Kantor KPU Kota Tomohon yang terletak di wilayah Kelurahan Kakaskasen, Kecamatan Tomohon Utara, sejak Jumat (4/9/20), pendaftar pertama dihadiri pasangan Jilly Gabriella Eman, SE, MM (JGE) dan Virgie Baker Bororing, SE, M,Si (GB) selaku Bakal Calon Walikota Tomohon dan Wakil Walikota Tomohon.

Kedatangan JGE dan GB saat mendaftar didampingi rombongan pengurus Partai Golkar yang menjadi    partai pengusung di antaranya, Ketua DPD Partai Golkar Kota Tomohon yang baru terpilih hasil musda belum lama ini, yakni Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP politisi kawakan yang menggantikan Jimmy F Eman, SE, Ak yang saat ini masih memangku jabatan Walikota Tomohon. Turut juga dalam rombongan para ketua partai yang menyatakan koalisi Partai Golkar seperti Partai Nasdem, Demokrat dan Hanura .

Kedua pasangan calon terlihat menggunakan pakaian serba warna putih dan rombongan simpatisan pendukung terlihat dibatasi karena adanya aturan protokol kesehatan terkait Covid-19. Saat tiba di kantor KPU sebelum memasuki ruangan yang sudah disiapkan oleh petugas KPU, kedua pasangan bakal calon dan rombongan langsung melakukan test suhu tubuh terlebih dahulu,

Sambil mengisi buku registrasi, kedua pasangan calon menggunakan LO untuk menyerahkan berkas dokumen persyaratan guna diverifikasi petugas KPU Kota Tomohon. Selesai pemeriksaan berkas kedua pasangan calon JGE dan GB, Ketua KPU Kota Tomohon, Drs. Harianto Lasut langsung membacakan tentang kelengkapan berkas kedua calon yang memenuhi syarat dalam ikut serta sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon 9 Desember 2020 mendatang.

Baca Juga:  Bawaslu Sangihe Gelar Bimtek Penyelesaian Sengketa Cepat di Masa Pandemi C-19

Usai membacakan langsung, kelengkapan itu diserahkan Ketua KPU ke Komisioner KPU untuk dibuatkan berita acara dan semua yang berkaitan langsung membubuhi tanda tangan pada dokumen terebut. Setelah selesai kegiatan pendaftaran kedua pasangan calon dan para tim yang mendampingi lansung diarahkan Ketua KPU ke ruangan konferensi pers bersama awak media.

Di hari yang sama, KPU Kota Tomohon juga menerima pendaftaran kedua pasangan bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk dan Wenny Lumentut, SE (CS-WL) yang diusung Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) dan Gerindra.

Terpantau awak media bhayangkaranusantara.com, rombongan kedua pasangan CS-WL mulai dari sekretariat pemenangan CS-WL, tepatnya di kediaman Caroll Senduk di Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, saat menuju ke Kantor KPU Kota Tomohon justru hanya berjalan kaki dengan jarak tempuh lebih kurang 2 km.

Kedua calon terlihat hanya menggunakan kemeja warna putih pakai bis merah di kerah atas, lengan dan memakai celana berwarna hitam. Sedangkan para pendukung dan simpatisan serba merah berlogo kepala Banteng mocong putih.

Kedatangan kedua pasangan CS-WL turut didampingi para pentolan politisi Kota Tomohon dan tokoh masyarakat, di antaranya Syerly Adelyn Sompotan (SAS) yang saat ini juga masih memangku Jabatan Wakil Walikota Tomohon, mantan Wakil Walikota Tomohon Lineke Syeni Watuelangkow, anggota DPRD Kota Tomohon dari PDIP Jhony Runtuwene, anggota DPRD Provinsi Sulut dari PDIP Fonny Paat dan Ketua Partai Gerindra Kota Tomohon Mono Turang.

Hasil yang sama dari Ketua KPU dan Komisioner juga menyatakan pasangan bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota CS-WL bahwa semua dokumen persyaratannya tidak ada masalah, usai dilakukan pemeriksaa oleh KPU Tomohon.

Baca Juga:  Gowes Part 7, Zaezura Sambangi Kecamatan Kamal, Disambut Bahagia

Di hari kedua, Sabtu (5/9), KPU Kota Tomohon juga menerima pendaftaran dari bakal calon melalui jalur independen, yaitu Robert P. A Pelealu, SH, MH sebagai bakal calon Walikota Tomohon dan Fransciscus H. A. Soekirno, SH, MH bakal calon Wakil Walikota Tomohon. Kedua pasangan ini disingkat panggilan ROSE

Kedua pasangan calon saat menuju Kantor KPU diantar tim sukses bahkan turut serta Pejuang Pendiri Kota Tomohon sekaligus Ketua Dewan Reformasi Kota Tomohon Ibrahim Tular atau yang biasa disapa BAM, sosok yang lebih dikenal di berbagai kalangan organisasi. Rombongan pendukung BAM mengenakan pakaian berwarna putih hitam dan bertulisan ROSE.

Kedua pasangan bakal calon juga terlihat hanya berjalan kaki bersama pendukung. Mereka start dari pusat kota menuju Kantor KPU diiringi tarian perang Minahasa yang  biasa dikenal Cakalele atau Kabasaran.

Kegiatan pendaftaran para bakal calon yang berlangsung hanya selama dua hari di Kantor KPU Kota Tomohon terlaksana aman dan lancar dengan mendapat pengamanan dari anggota Polres Tomohon dan Polsek Tomohon Utara dibantu para personel TNI. Selama kegiatan, sejak awal mulai dari proses pendaftaran pertama hingga terakhir disaksikan Ketua Bawaslu Kota Tomohon sebagai pihak pengawas selama pilkada berlangsung.

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1