Ratusan Warga Yang Menamakan Dirinya Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Kabupaten Berau Protes Aktifitas Penambangan PT.SBE

  • Bhayangkara Nusantara

Terobos , kaltim – Ratusan Ormas dan warga masyarakat yag tergabung dalam Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang kabupaten Berau memadati lapangan GOR Taruna Tanjung Redeb yang rencananya akan melakukan Orasi di kantor Bupati Berau dan GedunDPRD Berau , Menuntut salah satu Perusahaan Tambang Supra Bara Energi yang ” ditengarai melaksanakan Aktifitas Penambangan diluar konsesi wilayahnya .

Pantauan Terobos kaltim di lokasi, ada ratusan pria dan beberapa wanita mengenakan seragam biru ,merah,hitam dan doreng Ormas yang turut mendukung Aksi Orasi tersebut ditengah derasnya hujan . Selain itu, ada sejumlah petugas kepolisian dari Sabhara dan Satlantas Polrestabes Berau yang ikut mengamankan aksi.

Beruntung, aksi tersebut tak mengganggu lalu lintas di sekitar lokasi. Pengendara motor dan mobil tetap bisa melintas di sisi utara dan timur kantor Bupati . Sementara sang orator mengatakan melalui megaphone, jika kegiatan ini memprotes PT . SBE yang ditengarai Melanggar dan tidak mengindahkan Aturan Penambangan di wilayah kondesinya .

“Ini adalah Aksi antara kawan-kawan Ormas dan Pemuda serta warga masyarakat lingkar tambang yang tergabung di Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang kabupaten Berau . Hari ini, sengaja kami kumpulkan dan buktikan bahwa Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang masi peduli dengan daerahnya.
kawan-kawan masih solid, perusahaan semena-mena melakukan Aktifitas sepihak,” ujar salah seorang Warga yang turut prihatin terhadap Aktifitas perusahaan pertambangan ini .

Dalam orasi mereka menuntut agar kementrian ESDM mencabut Izin PT Supra bara energi(SBE) karna ormas ini nilai PT SBE telah melakukan penambangan diluar wilayah konsesi.

Aliansi ini juga menuntut PT SBE segera melaksakan kewajiban terkait dana COMDEV selama bertahun tahun belum melakasanakan Kk ewajibannya bagi masyarakat lingkar tambang sekitarnya .

AMLT juga Meminta kepada kementrian ESDM Pusat dan Pemkab Berau , agar menindak tegas dan segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap izin Aktifitas tambang perusahaan ini .

Baca Juga:  Tingkatkan Sinergitas TNI Polri, Kapolda Jatim sambut Kunjungan Kehormatan Dankodiklatal

Sampai Berita ini diturunkan Pihak Managemen PT. SBE belum bisa dikonfir terkait hal tersebut . (jy)

Komentar Anda