Rakor Penanganan Covid-19 di Kota Tomohon: Kunci Penanggulangan Disiplin | Bhayangkara Nusantara

Rakor Penanganan Covid-19 di Kota Tomohon: Kunci Penanggulangan Disiplin

 28 total views

WALIKOTA Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, SH didampingi Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut, SE dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon, drg. Jeane’darc Karundeng memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 di Kota Tomohon.

Rakor ini dilaksanakan di Aula lantai 3 Mall Pelayanan Publik Kota Tomohon yang dihadiri jajaran Pemkot Tomohon terkait, para Camat dan Lurah se-Kota Tomohon.

Dalam arahannya Walikota Tomohon memberikan apresiasi atas kerja keras seluruh masyarakat dan tim yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan Covid-19, baik di tingkat kota, kecamatan kelurahan dan lingkungan, khususnya para tenaga kesehatan yang telah berjuang merawat para pasien yang terpapar Covid-19.

“Dalam kesempatan ini saya mengingatkan kepada seluruh komponen terkait di masyarakat dalam proses penanganan Covid-19 agar tetap waspada dan terus melakukan imbauan dan ajakan dari Pemerintah Kota Tomohon bersama Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 agar kita semua terhindar dari Covid-19,” kata Walikota.

Baca Juga:  Musorkot KONI Tomohon ke 3 Segera Digelar
Baca Juga:  UNIMA Menuju Badan Layanan Umum

Walikota juga menegaskan kepada seluruh aparatur sipil negara bersama instansi terkait untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat dan yang terkonfirmasi Covid-19, serta memastikan fasilitas pendukung khususnya ICU di seluruh rumah sakit yang menangani Covid-19 telah tersedia dan mencukupi.

Selanjutnya terkait vaksinasi, target-target vaksinasi yang sudah disusun harus segera tercapai. Karena itu pihaknya meminta dukungan penuh dari seluruh masyarakat bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan untuk memastikan dukungan pada pelaksanaan vaksinasi ini.

Bbegitu juga dengan pelaksanaan vaksin massal agar diperbanyak serta memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin itu aman dan halal serta bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok.

Adapun optimalisasi strategi penanganan Covid-19 di Kota Tomohon meliputi pemetaan, yakni meningkatkan pemetaan berdasarkan konfirmasi kasus positif pada tingkat kelurahan dan lingkungan, pembatasan skala mikro mikro pada lingkungan terdapat kasus terkonfirmasi positif, perawatan yakni melakukan perawatan terhadap kasus konfirmasi positif melalui isolasi/karantina pemerintah, dan isolasi pada rumah sakit.

“Begitu pula dengan strategi setiap bidang-bidang satuan tugas dimulai dari bidang perubahan perilaku, penanganan, penegakan hukum dan pendisiplinan, relawan, komunikasi publik dan bidang data dan informasi,” katanya.

Selain itu mengingatkan bahwa kunci dari penanggulangan penyebaran Covid adalah kedisiplinan, kalau tidak disiplin melaksanakan protokol kesehatan akan selalu bertambah kasus baru.

Baca Juga:  Istri Bupati Bangkalan Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Covid-19

“Diharapkan nanti setelah diadakan rakor ini, kepala perangkat daerah dan lembaga terkait lainnya mampu dalam mengatur pengelolaan dan pelaksanaan protokol kesehatan dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam program vaksinasi Covid-19 untuk kesehatan dan bagi kemanusiaan,” ujarnya.

Adapun pembawa materi dalam pencegahan Covid-19 di Kota Tomohon antara lain Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tomohon, Kepala Dinas Sosial Kota Tomohon, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tomohon, dan dari Polres Tomohon. Bert – Tomohon

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0