Program Pamsimas Mulai Bereaksi, KKM Jeringo Bersemi Siap Eksekusi | Bhayangkara Nusantara

Program Pamsimas Mulai Bereaksi, KKM Jeringo Bersemi Siap Eksekusi

 305 total views

PENYEDIAAN Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) adalah salah satu program pemerintah dalam memberikan penyediaan air bersih kepada warga desa. Program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

Desa Jeringo, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu desa yang menerima program Pamsimas, yang sumber anggarannya berasal dari APBD 70%, APBDes 10% dan swadaya masyarakat 20%.

Proses pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan cara swakelola bersama masyarakat yang difasilitasi pembentukan kelompok-kelompok kemasyarakatan oleh pemerintah desa melalui musyawarah desa.

Kepala Desa Jeringo, Sahril, SH saat dikonfirmasi di Kantor Desa Jeringo, Selasa (22/09/20) menyampaikan, program Pamsimas di desanya sudah mulai bereaksi dan dieksekusi kegiatannya oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) yang sudah terbentuk di desanya bernama “KKM Jeringo Bersemi”.

Sahril sangat mengapresiasi ketua “KKM Jeringo Bersemi” bersama anggotanya yang sudah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, seperti membentuk unit-unit pelaksana (UP) dan satuan pelaksana (Satlak) sehingga pelaksanaan program kerjanya sudah dimulai, dari perencanaan hingga pelaksanaan program kerja.

Seperti penggalian pipa untuk jaringan, sudah dilaksanakan pada Sabtu (19/09/20) bersama Satlak dan masyarakat, dimulai di Dusun Jeringo Limbungan dan Dusun Jeringo Barat, Desa Jeringo.

Dengan dimulainya proses pelaksanaan kegiatan Pamsimas ini, selaku Kepala Desa Jeringo Sahril berharap kepada masyarakat Desa Jeringo bisa memanfaatkan dengan baik program ini, ketika pekerjaannya sudah rampung semuanya dan mendukung bersama untuk menjaga dan merawat dengan baik.

“Agar kebutuhan dasar kita terkait air bersih ini bisa terselesaikan secara menyeluruh untuk kebutuhan Desa Jeringo, walaupun sifatnya nanti bertahap sehingga kita tidak pernah kekurangan air bersih lagi,” tutupnya. SHR – NTB

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1