Prihatin Sampah Menumpuk di Sungai Ciherang, Dua Kades di Kecamatan Kiarapedes Turun ke Lokasi – Bhayangkara Nusantara
Prihatin Sampah Menumpuk di Sungai Ciherang, Dua Kades di Kecamatan Kiarapedes Turun ke Lokasi

Prihatin Sampah Menumpuk di Sungai Ciherang, Dua Kades di Kecamatan Kiarapedes Turun ke Lokasi

 58 total views,  1 views today

DESA Margaluyu dan Taringgul Landeh, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengadakan kegiatan kerja bakti sosial bersama-sama. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian masyarakat dua desa terhadap desa yang ingin lebih maju lagi.

Nampak Kades Margaluyu dan Landeh ikut berperan serta dalam aksi kegiatan kerja bakti sosial bersama ratusan warga masyarakat dengan dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Kades Margaluyu Tatang dan Kades Landeh Asep Mulyadi mengatakan, mereka tersentuh saat melihat sampah yang menumpuk dibuang ke kali (Sungai Ciherang-red.), yang dari hari ke hari semakin banyak dibuang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab hingga kali bertambah rusak karena penuh sampah.

“Maka saya merasa prihatin sekali pada sungai tersebut. Kalau ini dibiarkan dan tidak cepat-cepat dibersihkan, nanti banyak sampah yang dibuang sembarangan dan tidak diolah dengan benar, dapat mengkontaminasi tanah, udara dan air,” kata kedua Kades.

Menurut mereka, patogen seperti bakteri, parasit, jamur dan lain-lakn yang terdapat dalam tumpukan sampah jika tak sengaja dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan berbagai penyakit.

“Maka saya punya inisiatif untuk segera cepat dilakukan pembersihan sungai, karena nantinya dikhawatirkan warga saya mengalami hambatan dan merasa terganggu,” pintanya sambil menyakinkan.

Apalagi, kata Tatang, dari pihak Babinsa dan Bhabinkamtibmas sudah membantu langsung turun ke lapangan agar kelihatan rapi di mata masyarakat dan bisa digunakan.

Kades Tatang dan Mulyadi menambahkan, untuk sementara agar sungai tidak semakin parah dengan sampah, mereka terjun langsung ke lokasi untuk melihat titik rawan mana yang perlu diperbaiki, sehingga sungai ini dirasakan masyarakat agar nyaman serta terkendali.

“Harapan saya, ke depannya Sungai Ciherang ini bisa dilihat warga lain yang punya rasa tanggung jawab pada masyarakat tentunya,” kata mereka menutup keterangan. Acep – Purwakarta

Komentar Anda

Baca Juga:  Selama Pandemi Covid-19, Permintaan Narkoba di DKI Meningkat

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1