Porak Poranda Dihantam Siklon Tropis, Sangihe Siaga Bencana | Bhayangkara Nusantara

Porak Poranda Dihantam Siklon Tropis, Sangihe Siaga Bencana

 227 total views

SEJUMLAH wilayah di Sulawesi Utara dihantam badai siklon tropis. Di Sangihe, angin kencang merusak sejumlah rumah bahkan menumbangkan sejumlah pohon besar dan sebuah menara (tower) milik Telkomsel patah menimpa rumah warga pada Senin (19/4/21).

Memang sejak awal Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah mengeluarkan peringatan dini melalui surat imbauan Gubernur tanggal 15 April 2021 terkait kesiapsiagaan siklon tropis. Surat tersebut ditujukan kepada seluruh Bupati dan Walikota se-Sulawesi Utara.

Intinya mengingatkan seluruh warga masyarakat agar waspada dan tetap berhati-hati mengingat adanya potensi angin kencang, hujan lebat, banjir bandang, tanah longsor dan gelombang tinggi, terutama bagi masyarakat yang ada di daerah aliran sungai, lereng gunung dan di tepian pantai.

Di Sangihe tepatnya di sepanjang pesisir pantai Teluk Tahuna, ombak besar menghantam taluk pemecah ombak hingga air laut menembus sampai ke ruas jalan Boulevard pada Senin (19/4/21) pagi hingga siang hari.

Baca Juga:  Pecat 11 THL Tanpa Basa-Basi, Lurah Arogan di Tidore Dipanggil Dekab Sangihe
Baca Juga:  Ada yang Beda dalam Acara Sertijab dan Kenal Pamit di Polrestro Bekasi Kota

Sementara tiupan angin kencang memporak-porandakan puluhan rumah warga di wilayah Menganitu, Tahuna dan Tabukan Utara serta sejumlah tempat lainnya. Angin kencang bahkan menumbangkan puluhan pohon besar hingga mengakibatkan terputusnya aliran listrik.

Sementara di wilayah Desa Bira, Kecamatan Tabukan Tengah sebuah Menara milik PT. Telkomsel patah dihantam angin kencang dan menimpa rumah penduduk di sekitar menara tersebut. Dari informasi yang diterima bhayangkaranusantara.com, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ambruknya menara itu.

Baca Juga:  Dikira Hilang, Sepeda Motor di Parkiran Warung Makan Ini Ternyata...

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rivo Pudihang yang dihubungi pada mengatakan, Sangihe dalam status siaga bencana.

“Status kita masih terus siaga bencana. Hujan deras mengakibatkan tanah longsor di ruas jalan Manganitu – Tahuna serta ada kerusakan rumah warga akibat pohon tumbang,” kata Rivo saat dihubungi bhayangkaranusantara.com, Senin (19/4/21).

Namun sampai saat ini, kata Pudihang, belum ada korban jiwa dan longsoran tanah di ruas jalan Manganitu – Tahuna sudah ditangani hingga sekarang sudah dapat dilalui kendaraan. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0