Polsek Pondokgede Optimalkan Kegiatan PPKM

 170 total views

POLSEK Pondokgede melaksanakan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro (PPKM) dan mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tingkat Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Untuk menekan peningkatan angka Covid-19, bersama tiga pilar Polsek Pondokgede juga menjalankan maklumat Pemerintah Kota Bekasi tentang Pemberlakukan Perpanjangan PPKM ke 10 pada Sektor Jasa Usaha Kepariwisataan, Hiburan dan Perdagangan (Area Publik) di Kota Bekasi melalui Surat Edaran Nomor: 556/658/Set.Covid-19

Adapun hal yang perlu dilakukan kepada tempat usaha guna mengantisipasi dan pencegahan risiko penularan Covid-19 dalam rangka pelaksanaan PPKM di Kota Bekasi antara lain:

1. Mengukur suhu pekerja dan pengunjung dengan Thermal Gun;
2. Menggunakan masker;
3. Menyediakan tempat cuci tangan disertai sabun dan handsanitizer;
4. Melakukan pengaturan pengunjung dalam 1 area sehingga tidak terjadi kerumunan;
5. Memperhatikan Physical Distance Measure dengan menjaga jarak antrian minimal 1 (satu) meter antar orang;
6. Memberikan tanda di lantai untuk memfasilitasi kepatuhan jarak fisik, khususnya di daerah yang paling ramai, seperti kasir dan customer service;
7. Menggunakan pembatas/partisi (flexy glass) di meja atau counter sebagai perlindungan tambahan untuk pekerja (kasir, customer service dan lain-lain);
8. Memasang media informasi untuk mengingatkan pekerja dan pengunjung agar mematuhi ketentuan pembatasan jarak fisik;
9. Melakukan pembersihan secara rutin dengan menggunakan disinfektan;
10. Selalu menjaga kebersihan lokasi usaha.

Baca Juga:  Antisipasi Peningkatan Kasus Corona, Satgas Covid Gresik Gelorakan PPKM Mikro
Baca Juga:  Hari Ini, 5000 Masyarakat Maritim di Pelabuhan Tanjung Priok Jalani Vaksinasi Massal

Kegiatan ini mengingat kembali para pelaku usaha dan masyarakat tentang PPKM di masa pandemi, untuk mengantisipasi potensi kerumunan yang mungkin terjadi selama PPKM di wilayah Pondokgede.

Pantauan secara mobile dilakukan pada sentra ekonomi, pasar, pusat perbelanjaan (mall), serta kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan yang dapat melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Panit Reskrim Polsek Pondokgede Ipda Limbong,, SH mengimbau, selama diberlakukannya PPKM kegiatan restoran (makan/minum di tempat) sebesar 50% dan untuk layanan makanan pesan-antar/dibawa pulang, tetap diizinkan sesuai jam operasional restoran dengan penerapan prokes lebih ketat.

Sedangkan pembatasan jam operasional untuk pusat perbelanjaan/mall s.d pukul 21.00 dengan penerapan prokes lebih ketat, disertai pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 50%.

Kemudian menegakkan prokes 5M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain mensosialisasikan maklumat Walikota Bekasi, jajaran Polsek Pondokgede juga membagikan masker kepada masyarakat. Yusup Bahtiar

Komentar Anda
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0