Polda Lampung dan Korem 043 Monitoring Ops Ketupat di Polres Lampung Tengah

 185 total views

KAPOLRES Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.Ik, SH didampingi Waka Polres Lampung Tengah Kompol Suparman, S.Pd, M.Si dan Kabag Ops Kompol Juli Sundara, A.Md menyambut kedatangan Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol Wahyu dan Kasi Ops Korem 043/Gatam Lampung Kolonel Inf Slamet Winarto, SE, Senin (17/5/21) Jam 13.00 WIB.

Kedua perwira TNI/Polri dari Lampung tersebut datang menggunakan helikopter dari Bandar Lampung untuk meninjau dan mengecek Pos Pengamanan Rest Area 172 B Lembu Kibang dan memonitoring pelaksanaan kegiatan penyekatan arus mudik balik kendaraan yang dilakukan petugas pada Ops Ketupat Krakatau 2021 Polres Lampung Tengah.

Kedatangan keduanya untuk meninjau pelaksanaan Ops Ketupat Krakatau 2021 yang dilaksanakan Polres Lampung Tengah di pos tersebut dan mengecek penyekatan kendaraan yang dilakukan pada kendaraan yang melintas atau akan melakukan mudik arus balik, yang dalam pemeriksaannya dilakukan secara selektif pada kendaraan yang akan diperiksa, terutama dengan kendraaan yang berplat nopol di luar Lampung.

Baca Juga:  Dari Balik Terali Besi, Labora Sitorus Kirim Curhat untuk Presiden dan Kapolri
Baca Juga:  Praktik Oplos Gas Subsidi 3 Kg di Meruya Utara Terbongkar, Bareskrim: Pemerintah Rugi 7 M

Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.Ik, SH mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan petugas tidak semua kendaraan, hanya kendaraan yang berplat nopol di luar Lampung. Apabila dalam pemeriksaan petugas kendaraan tersebut plat nopolnya dari luar Provinsi Lampung tetapi pengakuan sopir atau penumpangnya dari Lampung dan tujuan hanya daerah Lampung saja, maka petugas menanyakan kebenarannya.

“Yakni dengan memeriksa dari KTP sopir atau penumpang tersebut dan menanyakan Surat Keterangan (Suket) Kesehatan yang dimiliki, apabila pengendara menyertakan dan dapat menunjukan kelengkapan semuanya pengendara dapat melanjutkan perjalanannya,” ujarnya.

Begitu juga pengendara berplat nopol dari luar Lampung menuju Pulau Jawa dan akan melintasi Pelabuhan Bakauheni dapat menunjukan kelengkapan yang ditanyakan oleh petugas, maka dapat melanjutkan perjalanannya.

“Namun apabila sebaliknya pengendara tidak dapat menunjukkan kelengkapan Suket Kesehatan Covid-19, maka petugas yang melaksanakan tugas akan menyarankan pemeriksaan swab, test PCR dan test genose guna memastikan masyarakat yang akan menuju Pulau Jawa dalam keadaan sehat dan terbebas dari Covid-19,” terang Kapolres.

Dalam pemeriksaan test swab yang dilakukan petugas kesehatan juga dilakukan dua kali, contohnya ada pengendara dilakukan pemeriksaan kesehatan Covid-19, diperiksa pertama ia dengan hasil reaktif, petugas akan mengisolasikan pasien selama tiga jam dulu.

“Kemudian diperiksa kembali, apabila hasilnya negatif maka hasilnya akan kami berikan hasil yang terakhir dan kami sertakan surat keterangan untuk dibawa melanjutkan perjalanan,” ungkapnya.

Lalu apabila ada pengendara yang diperiksa sebanyak dua kali dengan hasil reaktif maka, si pasien yang diperiksa akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Harapan Bunda Bandar Jaya untuk dilakukan Isolasi dan pengawasan di rumah sakit.

Dalam tinjauan ke Lampung Tengah Kombes Pol Wahyu mengatakan, dalam pelaksanaan Ops Ketupat Krakatau 2021 hari ini adalah yang terakhir dan kegiatan ini tujuannya memonitoring kegiatan yang dilaksanakan Polres Lampung Tengah dalam kesiapsiagaan personel di lapangan menghadapi arus mudik balik lebaran tahun 2021 dan melakukan penyekatan terhadap kendaraan yang dari luar daerah Lampung.

“Tujuannya adalah memutus penyebaran Covid-19 yang masih belum usai serta tak lain tujuan ini agar tidak timbulnya cluster baru yang datang pada diri kita masing-masing atau orang lain dalam penularan Covid-19,” terangnya.

“Oleh karena itu mari kita jaga selalu kesehatan diri dan orang lain guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan 5-M, yakni dengan Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas (bepergian),” pungkasnya. BoRnok – Lamteng

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0