Peringatan Tak Digubris, Bawaslu Sangihe Sapu Bersih APK dan Panji Parpol yang Tak Mau Turun – Bhayangkara Nusantara

Peringatan Tak Digubris, Bawaslu Sangihe Sapu Bersih APK dan Panji Parpol yang Tak Mau Turun

 123 total views,  1 views today

MASUKI masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sangihe mengambil langkah tegas dan tak pandang bulu, sejak Minggu pagi (6/12/20) melakukan aksi turun lapangan sapu bersih semua alat peraga kampanye (APK) dan panji parpol yang masih terpasang dan belum diturunkan.

Komisioner Bawaslu Sangihe Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Jemny Sudin, STh mengatakan, sebelum melakukan penindakan pihak Bawaslu Sangihe telah melakukan langkah preventif dengan menyurati semua pihak terkait penertibkan semua APK serta atribut parpol dan sejenisnya sebelum tanggal 6 Desember.

“Namun peringatan Bawaslu sepertinya hanya bertepuk sebelah tangan alias tidak digubris oleh sejumlah rumah pemenangan dan posko paslon,” kata Jemmy saat ditemui bhayangkaranusantara.com Minggu (6/12/20) usai memimpin aksi lapangan sapu bersih APK dan panji parpol di sepanjang wilayah Kota Tahuna.

Baca Juga:  Pupuk Urea Bersubsidi Langka di Indramayu, Ini Dampaknya...
Baca Juga:  Dilema Penertiban PETI di Bolmong

Menurut Jemmy Sudin, dalam aturan tidak diatur yang namanya rumah pemenangan dan posko, yang ada hanyalah sekretariat parpol alias kantor partai. “Jadi yang tidak bisa diturunkan adalah papan sekretariat partai politik, tetapi semua APK harus turun dimanapun dia berdiri terpasang,” tegasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Sangihe, Junaidi Bawenti, SH menjelaskan, langkah tegas dan tak pandang bulu yang dilakukan jajarannya sudah sesuai aturan, karena masa kampenye selesai pada 5 Desember dan Bawaslu Sangihe sudah menyurati pihak parpol untuk segera menurunkan semua APK dan atribut partai.

“Kemudian jika ada riak-riak ketidakpuasan dari tindakan tegas kami, maka itu adalah sebuah dinamika yang dapat dipahami,” kata Bawenti yang ditemui bhayangkaranusantara.com, Senin (7/12/20) sambil tersenyum.

Ketua Bawaslu Sangihe
Baca Juga:  Warga di Kelurahan Desa Tua, Wajo Masalahkan Pencairan Dana BST, Ini Keluhannya

Bawenti menambahkan, inti dari penertiban ini sebenarnya adalah secara filosofi pihaknya yang menginginkan Kabupaten Sangihe dalam masa tenang masyarakat dapat berpikir dengan tenang tentang pilihannya, dan tidak lagi terganggu dengan simbol-simbol parpol yang masih bertebaran di mana-mana.

Selain melakukan pembersihan APK dan atribut parpol, pada Senin ini terpantau juga Bawaslu Sangihe sedang melakukan suplai alat pelindung kesehatan (APK) pencegahan Covid-19 ke seluruh wilayah kerja panwas kecamatan.

Telihat sejumlah ketua panwaslu mendatangi gedung Kantor Bawaslu untuk menerima paket alat pelindung kesehatan yang sudah dikemas dan siap dibagikan. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda

+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0