Peringatan Hantaru ke 61, Bupati Luwu Timur Serahkan Kendaraan Operasional Ke BPN

 58 total views

Bhayangkaranusantara.com,-Kantor ATR/BPN menggelar Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) ke -61, Bupati Luwu Timur H. Budiman bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yang bertempat di Halaman Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Luwu Timur, Jum’at (24/09/2021).

Peringatan Hantaru tahun 2021 mengambil tema ” Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional”

Baca Juga:  Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah diwilayah Luwu Timur berlangsung

Dalam sambutan tertulis Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan A. Djalil yang dibacakan Bupati mengharapkan tema tersebut dapat menciptakan lapangan kerja yang seluas luasnya bagi rakyat Indonesia dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta mendorong investasi.

Di samping itu, kata Budiman, sejalan dengan percepatan pemulihan ekonomi nasional, Kementerian ATR/BPN akan meluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online.

“Dengan adanya layanan elektronik ini, masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum ke kantor pertanahan, Pelayanan pertanahan secara elektronik ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan” Kata Bupati.

Dalam arahan Menteri, Ia juga mengajak untuk menyukseskan program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap ( PTSL), program dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra -PTSL serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Baca Juga:  PERCEPATAN PROGRAM VAKSINASI DIT INTEKAM POLDA JABAR UNTUK WILAYAHMAJALAYA KABUPATEN BANDUNG TERUS DIUPAYAKAN

“Masih banyaknya dijumpai kendala sertipikat tidak terbit karena masyarakat tidak mampu membayar BPHTB, olehnya Menteri mengajak Gubernur dan Bupati/Walikota untuk menyukseskan program ini” ujar Bupati.

Terkait Mafia Tanah yang semakin meresahkan masyarakat, Bupati menyampaikan bahwa Kementerian ATR/BPN bekerja sama dengan POLRI untuk bersama sama mengurangi dan memberantas Mafia Tanah sampai ke akarnya.

“Bagi pegawai Kementerian ATR/BPN baik ASN atau PPNPN jangan sekali kali menjadi bagian dari Mafia Tanah, Saya tidak segan segan untuk mengambil tindakan tegas bahkan memecat oknum yang terbukti terlibat” tegas Bupati mengutip arahan Menteri ATR/BPN.

Peringatan Hantaru di Kabupaten Luwu Timur tahun ini dirangkai dengan penyerahan kendaraan dinas operasional berjenis mobil Toyota Hilux Double Cabin oleh Bupati Luwu Timur kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu Timur Muhammad Syukur.

Selain itu juga dilakukan penyerahan beberapa sertipikat oleh Kepala ATR/BPN meliputi Sertipikat Hak Pakai Polsek Mangkutana ke Polres Luwu Timur, Sertifikat Pelaksanaan Jalan Nasional sebanyak 24 bidang, Sertipikat PT. PLN Persero sebanyak 25 bidang serta Sertipikat Lintas Sektor UKM Desa Pongkeru.

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0