Perdana, Kajati Sulut Jadi Narasumber Dialog Interaktif "Jaksa Menyapa" di RRI Manado | Bhayangkara Nusantara

Perdana, Kajati Sulut Jadi Narasumber Dialog Interaktif “Jaksa Menyapa” di RRI Manado

 95 total views

MENINDAKLANJUTI Perjanjian kerjasama siaran Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Manado dengan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut) tentang siaran dialog interaktif “Jaksa Menyapa” yang ditandatangani Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut) Andi Muh Iqbal Arief, SH, MH dengan Kepala LPP RRI Manado Fitra Widjaya, SE pada Selasa 3 Maret 2020, hari ini Kamis (05/3/2020) di Ruang Kerja Kajati Sulut dilaksanakan Dialog Interaktif Perdana Program Jaksa Menyapa yang disiarkan langsung Pro 1 RRI 94,5 dan 88,2 FM.

Dialog yang dimulai pada pukul 10.00 – 11.00 Wita tersebut menghadirkan narasumber Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief, SH, MH didampingi Wakajati Sulut A. Dita Prawitaningsih, SH, MH, Asisten Intelijen Stanley Yos Bukara, SH, Asisten Tindak Pidana Umum Shady M. M. Togas, SH, Koordinator Muhammad Ilham, SH, MH dengan topik Peranan Kejaksaan dalam Menghadapi Pilkada di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2020 yang dipandu Presenter RRI Manado, Audi Kandores

Ada beberapa hal yang disampaikan Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief, SH, MH terkait dengan peran Kejaksaan dalam menghadapi Pilkada di Provinsi Sulut, yaitu di bidang Intelijen, Tindak Pidana Umum, Perdata dan Tata Usaha Negara.

Di bidang Intelijen, Kejaksaan berkoordinasi dan bekerjasama dengan jajaran intelijen lain untuk menghadapi Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) secara serentak Tahun 2020 khususnya di Provinsi Sulawesi Utara yang akan dilaksanakan di 7 (tujuh) Kab/Kota dan 1 Provinsi guna mencegah dan mendeteksi dini terhadap Ancaman Gangguan Hambatan Tantangan (AGHT), baik dari luar atau dari dalam yang akan mengganggu jalannya Pilkada di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2020.

Di bidang Tindak Pidana Umum, Kejaksaan bertugas melakukan Penuntutan Tindak Pidana Pemilihan pada Sentra Gakkumdu serta membantu dan mendampingi Pengawas Pemilu sejak penerimaan Laporan/Temuan dugaan Tindak Pidana Pemilihan, sedangkan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kejaksaan dapat mewakili KPU sebagai penggugat atau tergugat dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Baca Juga:  HUT Bhayangkara ke 74, Bersama Forkopimda, Kapolres Luwu Timur Dengar Pidato Presiden Melalui Vicon

Dialog interaktif tersebut mendapat respon yang positif dari masyarakat, dengan adanya beberapa pertanyaan yang masuk, selanjutnya dijawab oleh Kajati Sulut dengan lugas dan tegas sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Di antaranya pertanyaan dari Pak Jokowi di Tomohon, Pak Hery di Manado dan Pak Sutrisno di Manado yang intinya meminta agar Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut dapat melaksanakan tugasnya sesuai aturan yang berlaku agar Pilkada di Provinsi Sulut dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kajati Sulut.

Atas pertanyaan dan masukan tersebut, Kajati Sulut berterimakasih atas atensi terhadap Kejaksaan seraya mengingatkan, sebagai ASN jangan memihak kepada pasangan calon tertentu. Selain itu sesuai instruksi Jaksa Agung sendiri untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak ditujukan kepada Bidang Intelijen dan Pidana Khusus di Kejaksaan Negeri untuk mendukung agar berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan, menjaga dengan sungguh-sungguh marwah penegakan hukum untuk tidak digunakan sebagai alat kepentingan untuk kelompok manapun yang dapat mempengaruhi proses pilkada.

Kemudian menunda penyelidikan, penyidikan dan eksekusi perkara tipikor terhadap calon kepala daerah yang ikut serta dalam kontesttasi Pilkada tahun 2020 sejak ditetapkan sebagai calon Kepala Daerah sampai dengan pelantikan dan selesainya seluruh rangkaian proses dan tahapan pemilihan.

Siaran dialog interaktif “Jaksa Menyapa” tersebut akan dilaksanakan sebanyak 32 kali, baik di Kejaksaan Tinggi dan kejaksaan Negeri se-Sulut selama tahun 2020 pada setiap hari Kamis pukul 10.00 Wita – 11.00 Wita disiarkan pada Pro 1 RRI 94,5 dan 88,2 FM.

Turut hadir dalam dialog “Jaksa Menyapa”, Kabid Siaran James Awae, S.Sos, Kabid LPU Djemy Yohanes, SE dan staf serta Kasi Penkum Kejati Sulut Yoni E. Mallaka, SH. BERT – SULUT

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1