Pengukuhan Poktan, Walikota Tomohon: Kelompok Tani Harus Bisa Memainkan Peran

 50 total views

WALIKOTA Tomohon Caroll J. A. Senduk, SH mengukuhkan tiga kelompok tani (poktan) yang ada di Kota Tomohon. Ketiganya antara lain Poktan Victory, Manguni dan Sumaru Endo Kakaskasen.

Pengukuhan dilakukan di Perkebunan Waruga Kakaskasen Tomohon Utara, Kamis (6/5/21) ditandai dengan pemukulan tetengkoren dan penandatanganan berita acara pelantikan serta penyerahan sertifikat.

Baca Juga:  HUT PPNI ke 47 di Tomohon: "Perawat Tangguh, Indonesia Bebas Covid-19, Masyarakat Sehat"
Baca Juga:  Pemkot Tomohon Ikuti Launching Literasi Digital Secara Virtual Bersama Presiden

Walikota Tomohon pada pengukuhan itu mengatakan, kelompok tani memiliki peranan penting dan merupakan wadah yang bertujuan untuk dapat meningkatkan perekonomian para petani secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan Kota Tomohon.

Melalui kehadirannya, kelompok tani harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani dengan tujuan utama tercapainya kesejahteraan petani dan terciptanya keadaulatan pangan.

Baca Juga:  Efisiensi Luar Biasa, KPU Kota Tomohon Kembalikan Sisa Dana Pilkada

Walikota berharap, semoga kepengurusan ini dapat mengemban amanah bekerja dengan baik, bekerja dengan ikhlas serta bekerja berkualitas sehingga dapat mengelola kelompok tani dalam meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Sekaligus menjadi mitra bagi pemerintah Kota Tomohon untuk mencapai misi “memajukan sistem pertanian dalam rangka perwujudan kedaulatan pangan” di Kota Tomohon,” ungkapnya.

Diharapkan juga kelompok tani ini benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi, akses permodalan, pemasaran dan sebagainya.

Baca Juga:  Keuskupan Manado Berkati WL untuk Tugas Mengabdi Masyarakat

Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut SE yang ikut hadir saat itu menambahkan, ke depan kelompok tani di Kota Tomohon akan divalidasi kembali untuk kebijakan seperti bantuan yang diperuntukan untuk kelompok tani sehingga tidak ada kesalahan dalam penyalurannya.

“Dengan terbentuknya kelompok benar-benar untuk kepentingan bersama, kalau ada gotong royong kekompakan dalam kelompok, akan memberi manfaat besar dalam setiap upaya yang dilakukan setiap kelompok tani,” kata Wenny.

Dalam meningkatkan pembangunan pertanian, lanjutnya, maka diharapkan anggota kelompok tetap bekerjasama dan sama-sama bekerja bagi peningkatan kesejahteraan para petani dan masyarakat.

Tampak hadir, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene, DEA, Asisten Perekonomian Sekda Ir. Enos Pontororing, MSi, Kadis Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP bersama para penyuluh pertanian, unsur Kelurahan Kakaskasen, para anggota kelompok tani, para tokoh agama dan masyarakat. Bert – Tomohon

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0