Penambangan Batubara Ilegal di Berau Disorot, Mabes Polri Didesak Turun Tangan

 1,042 total views

MABES Polri didesak segera bergerak turun tangan memberantas penambangan batubara ilegal yang marak dan kian meresahkan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Desakan itu datang dari banyak pihak, salah satunya anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip yang menyoroti dan menegaskan praktek penambangan tersebut jika memang ilegal, maka Polri harus bertindak karena sudah masuk dalam ranah hukum.

Seperti diketahui, praktek tambang ilegal akan berimbas merusak lingkungan hidup dan ekosistem sehingga tak boleh dibiarkan. Di Berau sendiri ramai diberitakan terdapat 9 titik tambang batubara ilegal yang beroperasi yang aktivitasnya di luar prediksi.

Baca Juga:  Puluhan Wartawan Kecewa, Humas Polda Metro Batasi Peliputan Malam Natal di Beberapa Gereja
Baca Juga:  Mabes Polri Diserang, Kapolri: Situasi Aman Terkendali

Sebelumnya diketahui tambang tersebut hanya ada dua titik. Namun fakta di lapangan terdapat 9 titik yang beroperasi secara terang-terangan di dekat pemukiman penduduk.

Jumlah itu berdasarkan catatan hasil temuan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Berau. Titik-titik itupun belum termasuk tambang-tambang yang sudah berhenti beroperasi.

Sementara, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsAps terkait desakan anggota DPR RI kepada Mabes Polri untuk turun tangan berantas penambangan batubara ilegal di Berau hingga berita ini diturunkan belum memberikan jawaban. BN01 – JAKARTA

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0