Pemilihan Duta GenRe Bangkalan 2021

 218 total views

STATUS “Darurat Covid” tak menyurutkan Ketua TP-PKK Kabupaten Bangkalan, Zaenab Zuraidah Latief, SE untuk hadir langsung dalam kegiatan Grand Final Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Bangkalan Tahun 2021.

Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 digelar di Dinas KB, PP, dan PA Kabupaten Bangkalan, Kamis (10/5/21) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Acara dibuka secara resmi, langsung oleh Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Bangkalan, Dra. R. Amina Rachmawati, M.Si.

Pemilihan Duta GenRe adalah ajang mencari bakat dan minat para remaja dalam mendukung program Bangga Kencana melaui Program GenRe.

Baca Juga:  Rangkaian Peringatan HUT Bhayangkara ke 74 Polres Bengkulu Selatan
Baca Juga:  Zaezura: "Tumbuh dan Berkarya Melalui UMKM Tanpa Narkoba"

GenRe adalah suatu program dari singkatan “Generasi Yang Punya Rencana” yang diluncurkan pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Duta Generasi Berencana memegang peran penting untuk mensosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya.

Selain itu Duta GenRe juga merupakan figur motivator bagi teman sebayanya agar mereka dapat menjadi remaja yang penuh perencanaan dan tentunya terhindar dari permasalahan-permasalahan remaja.

Serangkaian kegiatan pemilihan Duta GenRe Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 diawali dengan tes tulis dan tes wawancara pada Senin 7 Juni 2021, pembekalan kepada para finalis pada Selasa 8 Juni 2021 dan grand final pada Kamis 10 Juni 2021.

Pada kesempatan itu Bunda Zaenab, sapaan akrab isteri Bupati Bangkalan menyampaikan, Insan GenRe minimal seorang remaja GenRe atau yang sudah menjadi Duta harus bisa mengendalikan diri terlebih dahulu dan bisa menempatkan diri di tempat yg tepat.

Tujuannya kata Bunda GenRe Kabupaten Bangkalan tersebut, agar bisa mengajak anak-anak remaja yang lain untuk paham terhadap lingkungan sekitar dan dapat meminimalkan tindakan kurang terpuji.

“Sehingga siap menata masa depan tanpa menyakiti orang lain dan tanpa meremehkan orang lain,” imbuhnya.

Tak hanya itu, sosok yang akrab disapa Zaezura ini juga menyampaikan salam bahagia bersama Duta GenRe. “Salam GenRe: Salam, Remaja GenRe: Sehat, Cerdas, Ceria, GenRe Indonesia: Saatnya yang muda yang berencana.”

Sementara Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Bangkalan, Dra. R. Amina Rachmawati, M.Si dalam sambutannya berharap, dalam ajang ini yang utama bukan mendapat juara, melainkan tindak lanjut dari kegiatan.

“Diharapkan anak-anak didik kita terbebas dari pergaulan bebas dan narkoba, terhindar dari HIV/AIDS, pernikahan dini, sehingga menjadi generasi yang tangguh, cerdas, mandiri serta beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” katanya.

Adapun pemenang Duta GenRe Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 yaitu, kategori Putra: Juara 1 Faisal Andyka P dari SMAN 2 Bangkalan, Juara 2 Eldisyah Arif P dari SMAN 1 Kamal, Juara 3 Hasbulloh dari SMAN 1 Kamal, dan Juara Harapan 1 Moh. Hariri dari MAN Bangkalan.

Kategori Putri: Juara 1 Marita Belia Putri dari SMAN 1 Bangkalan, Juara 2 Sutra Pasya dari SMAN 2 Bangkalan, Juara 3 Rania Dwi Asyura dari SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan, dan Juara Harapan 1 Nadya Agustin dari SMA Darul Cholil Burneh

Nantinya, juara 1 putra dan putri Duta GenRe Bangkalan akan mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe Provinsi Jawa Timur Tahun 2021. “Semoga bisa membawa nama baik Kabupaten Bangkalan”. Waid/MCM – Bangkalan

Komentar Anda
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0