Pembuatan e-KTP di Kecamatan Gabuswetan Bermasalah, Warga Sinyalir Ada Pungli | Bhayangkara Nusantara

Pembuatan e-KTP di Kecamatan Gabuswetan Bermasalah, Warga Sinyalir Ada Pungli

 323 total views

PROGRAM pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat diwarnai praktek pungutan liar (pungli). Sinyalemen tersebut diungkapkan CE, salah seorang warga Desa Gabuskulon.

“Saya merasa keberatan dengan adanya pungutan Rp. 30.000,- karena pihak kecamatan di bagian pelayanan minta pembuatan e-KTP ditarifkan seikhlasnya Rp. 20.000 s/d Rp. 30.000. Yang saya tau pembuatan e-KTP itu gratis,” ucap CE, Kamis (4/3/21).

Saat dikonfirmasi, Camat Gabuswetan, H. Masroni membantah tudingan di kecamatannya ini ada pungli. “Tidak ada pungutan untuk pembuatan e-KTP,  KK, dllnya, tidak dikenakan tarif,” kata Masroni.

Baca Juga:  Proyek Rehab Total SDN 03 dan 011 Semper Barat, Cilincing Mangkrak
Baca Juga:  Wartawan Media Group Puskominfo Indonesia Diintimidasi Preman, Ada Indikasi Dalangnya Lurah di Desa Ini...

“Dalam sosialisasinya, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar, SH, MH, C.R.A mengatakan seluruh biaya pembuatan e-KTP ditanggung pemerintah alias gratis,” kata H. Masroni.

H. Masroni juga mengingatkan, apabila ada bawahannya masih ditemukan melakukan pungli akan ditindak tegas. “Akan saya pecat langsung dari kecamatan ini,” tegasnya.

Meski telah dibantah, namun terkait pembuatan e-KTP dikenakan tarif tersebut CE tetap meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu untuk tegas menyikapi dan menindaklanjuti oknum kecamatan yang masih berani bermain pungli. R – Indramayu

Komentar Anda
+1
3
+1
8
+1
1
+1
2
+1
1
+1
2
+1
2