Pelantikan Panlih Kades Sindangkerta Digelar Sesuai Prokes | Bhayangkara Nusantara

Pelantikan Panlih Kades Sindangkerta Digelar Sesuai Prokes

 78 total views

PELANTIKAN dan pengambilan sumpah panitia pemilihan kepala desa (Panlih Kades) serentak berjalan khidmat, digelar di Aula Balai Desa Sindangkerta, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (4/2/21).

Kegiatan tersebut dihadiri unsur Muspika Lohbener, Ketua BPD Sindangkerta, Ketua MUI Lohbener, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ibu-ibu PKK, LPM, serta Karangtaruna Desa Sindangkerta.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BPD Dede Suprihendi berharap Panitia Pilkades Bisa mengemban amanah sesuai  ucapan sumpah pada saat pelantikan. “Selamat untuk para panitia pemilihan kades yang sudah dilantik, tentunya menjadi panitia pilkades ini akan mengemban tugas yang sangat berat, dan harus taat dengan aturan-aturan yang ada, terutama panitia sembilan agar bisa mengutamakan netralitas,” terangnya.

Baca Juga:  Bersama Forkopimda, Kajati Sulut Turun Langsung dengan Jet Ski Gelar Baksos di 4 Pulau
Baca Juga:  Fasilitasi Bantuan APD, AJP Dapat Apresiasi

Ia juga mengucapkan selamat bertugas dan memberikan pesan kepada petugas panitia. “Di pundak kalianlah demokrasi pilkades akan berjalan dengan sukses dan apabila saudara-saudara bisa menjaga kekompakan serta menumbuhkembangkan rasa solidaritas antar masyarakat, tentu hasilnya pun akan maksimal pula,” kata Dede.

Sementara, Pj. Kades Sindangkerta, Muhammad Ali, SH menyampaikan kepada panitia pilkades atau Tim Sembilan yang sudah dilantik dan diangkat sumpahnya oleh Ketua BPD untuk menjaga netralitas.

“Mudah-mudahan harapan saya selaku pejabat Kades Sindangkerta kepada teman-teman panitia bisa menjaga netralitas, kejujuran, keadilan, serta yang terpenting lagi yaitu bertanggung jawab,” tuturnya.

Muhammad Ali juga berpesan untuk menjaga kekompakan, jangan saling menyalahkan dan mengambil kebijakan sendiri. Masukan atau kritikan dari masyarakat sebaiknya diterima, pengambilan keputusan hendaklah sesuai dengan kesepakatan bersama dan jangan sendiri-sendiri.

“Jaga netralitas dalam pelaksanaan pilwu dan untuk ketua panitia jangan lepas dari dasar hukum Perbup Indramayu No. 64A Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak di Kabupaten Indramayu tahun 2021. Oleh karenanya, mari kita satukan suara demi terciptanya pelaksanaan Pemilihan Kuwu berjalan dengan aman, tertib, sukses,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Camat Lohbener, Udin Casudin, M.Si dalam sambutannya mengatakan, terkait pelaksanaan pilwu serentak di Kabupaten Indramayu itu dasarnya dari Perda No. 5 Tahun 2017. Kemudian berdasarkan Perbup No. 64A itu acuan untuk para panitia pilwu agar tidak bergeser dan harus memperdalam perbup tersebut.

“Sebagaimana UU RI No. 23 Tahun 2014 kaitannya dengan pemerintah daerah, kemudian dengan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 sebagai bentuk perubahan dari UU No. 23 yaitu terkait dengan peraturan pelaksanaan, UU No. 6 Tahun 2014 yaitu tentang Desa,” jelasnya.

Pelaksanaan pelantikan dan pengangkatan sumpah panitia pilkades berjalan sesuai protokol kesehatan Covid-19 dan kegiatan tersebut berjalan dengan kondusif hingga acara selesai dilaksanakan. A. Sawano – Indramayu

Komentar Anda
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0