Peduli Persoalan Kemanusiaan, Sosok Humanis GSVL Tuntaskan Sosialisasi Covid-19 – Bhayangkara Nusantara

Peduli Persoalan Kemanusiaan, Sosok Humanis GSVL Tuntaskan Sosialisasi Covid-19

 132 total views,  1 views today

WALIKOTA Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Manado secara marathon dan tak mengenal kata lelah demi warganya berhasil menuntaskan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Manado.

Sosialisasi dan edukasi yang dilakukan Vicky Lumentut merujuk Perwako Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Penanganan, Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Kota Manado, sebagai tindak-lanjut ketentuan dalam Diktum Kedua Angka 6 Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan.

Selain itu guna mengefektifkan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019, belum lama ini GSVL sapaan akrab Walikota Manado, membentuk relawan Satgas Covid-19 di tingkat lingkungan untuk memberi pemahaman lewat sosialisasi dan edukasi kepada setiap warga di lingkungannya masing-masing, betapa pentingnya menjaga dan memproteksi dari serangan Covid-19 melalui penggunaan masker, tetap jaga jarak dan selalu cuci tangan.

Mematuhi protokol kesehatan secara tidak langsung telah menyelamatkan orang lain dan diri sendiri agar terhindar dari serangan virus yang sangat mematikan itu dan telah menelan korban 170 puluhan dokter dan tenaga medis ikut meregang nyawa.

Karena itu, orang nomor satu Kota Manado itu terus mengajak, mengimbau dan meminta warga Kecamatan Bunaken Kepulauan, yakni Kelurahan Bunaken dan Alung Banua untuk mematuhi dan mentaati protokol kesehatan.

Ungkapan syukur pun meluncur dari mulut sosok humanis yang care dengan persoalan kemanusiaan ini. “Puji Tuhan hari ini, kita sudah menuntaskan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan dan penanganan Covid-19 di 11 Kecamatan dan 87 Kelurahan, kemudian akan dilantik Satgas Covid-19 tingkat Lingkungan se-Kota Manado,” katanya.

Baca Juga:  Desa Margosari, Pringsewu Jadi Desa Pertama di Indonesia Terapkan PJJ Tanpa Kuota

“Mereka ini kan yang paling dekat dengan warganya sehingga mudah mendeteksi siapa saja warganya yang diduga terpapar Covid 19 melalui gejala-gejala yang mudah terpantau seperti, batuk secara terus menerus, bersin-bersin dan suhu tubuh di atas 37 derajat celsius dan yang nantinya akan mengedukasi masyarakat dalam pengendalian pandemi Corona Virus ini di lingkungan masing-masing, beranggotan 3 sampai 5 relawan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan,” papar Walikota.

Dengan hadirnya Satgas Covid-19 di tingkat Lingkungan ini diyakini dapat mendisiplinkan warga, agar benar-benar mengikuti protokol kesehatan serta menekan dan menurunkan tingkat penyebaran Covid-19. “Kemudian akan dilombakan dengan tujuan memotivasi masyarakat agar turut berpartisipasi dalam penanggulangan wabah Covid-19,” tegasnya. Jola – Manado

Komentar Anda

+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1