Pantau Giat Siskamling Kampung Tangguh RW di Cilandak, Ini Pesan Dirbinmas PMJ... | Bhayangkara Nusantara

Pantau Giat Siskamling Kampung Tangguh RW di Cilandak, Ini Pesan Dirbinmas PMJ…

 105 total views

SISTEM keamanan lingkungan atau siskamling yang masih dipakai dan paling efisien hingga saat ini adalah Pos Kamling. Sistem ini bagi masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan.

Guna mensikapi situasi pandemi Covid-19 dalam pelaksanaan pemantauan kegiatan awak Pos Kamling di wilayah Kampung Tangguh, Dirbinmas Polda Metro Jaya gencar mengingatkan kewaspadaan masyarakat terhadap gangguan kamtibmas guna mendukung Kampung Tangguh yang diharapkan selama pendemi Covid-19.

Sesuai arahan dan atensi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana, SH, MH, giat ini digelar di RW 02, Jl. Margasatwa Raya, Gg, Melati 1, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Agar tercipta suasana yang harmonis kegiatan evaluasi awak pos kamling dibuat susunan acara yang diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Kaposkamling RW 02, kemudian arahan Dirbinmas PMJ dan penyerahan bingkisan serta membagikan hand sanitizer dan disinfektan kepada awak kamling.

Pada kesempatan tersebut, Dirbinmas PMJ Kombes Pol. Badya Wijaya, SH, MH dalam arahannya kepada awak kamling dan warga mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kehadiran awak kamling RW 02, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, khususnya para Ketua RT dan tomas, dan stakeholder lainnya.

Dirbinmas menyampaikan, masyarakat harus disiplin menyesuaikan diri dengan kebiasaan kehidupan yang baru selama penerapan PSBB oleh pemerintah. Data kasus Covid-19 di seluruh wilayah DKI masih terus bertambah, salah satu pemicunya adalah banyaknya imigran yang kembali ke Jakarta dan masih banyaknya OTG (orang tanpa gejala).

“Namun kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian atas usaha dan upayanya yang menjadikan Cilandak sebagai Zona Hijau,” tandasnya.

Baca Juga:  Bareskrim Polri Ringkus Empat Petinggi "KAMI"

Menurutnya, pos kamling adalah salah satu pilar dan miniatur Bhinneka Tunggal Eka yang sangat penting tanpa mengenal latar belakang dan merupakan daya tangkal terhadap ancaman kejahatan serta salah satu upaya untuk deteksi dini seperti peredaran narkoba dan masalah lainnya.

“Kemudian juga agar kita semua membiasakan diri untuk mengikuti protokol kesehatan sesuai petunjuk pemerintah dengan membiasakan diri memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Kombes Badya.

Untuk itu, kepada para Babinsa, Bhabinkamtibma dan petugas diharapkan agar tetap memberikan imbauan dan saling mengingatkan dengan cara yang baik untuk mendisiplinkan kepada warga tentang bahaya Covid-19 dan cara pencegahannya. “Mari kita sama-sama berdoa semoga Covid-19 cepat selesai,” tegasnya.

Kombes Badya menambahkan, penerapan PSBB oleh pemerintah dengan kebiasaan hidup baru selama pandemi Covid-19 banyak menimbulkan masalah baru, seperti tingginya angka kejahatan 3C (Curas, curat dan curas), termasuk berita di medsos yang hoax yang sifatnya tidak benar sehingga timbul fitnah antar sesama, kelompok, golongan dan pemerintah.

“Ini berbahaya, jangan sampai terjadi, oleh sebab itu sikapi dengan positif dan baik setiap info dan berita yang mengarah pada perpecahan, kebencian dan memecah belah,” jelas Dirbinmas Polda Metro Jaya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kasubdit Bin Polmas AKBP Sri Wardiningsih, SH, Wakasat Binmas Restro Jaksel Kompol Harsono beserta anggota, Kasi BinKommas, Kompol Rendy A. R, S.Sos, dan Kapolsek Kapolsek Cilandak Kompol Marbun beserta anggota.

Selain itu ada Ketua RW 02 Pondok Labu M Yusuf, Suripto mewakili Lurah Pondok Labu, Bhabinkamtibmas Cilandak aiptu Momon, Ketua LMK RW 02 Badawi, Ketua RT 08/RW 02 Sanim, Tomas Zaenal sebagai penasehat RT 08/RW 02 dan Ketua PKK RT 08 Rosida.

Baca Juga:  Sebelum Pamit, Wakapolda Kalteng Sampaikan 4 Fokus, Apa Saja?

Lebih lanjut Dirbinmas Polda Metro Jaya mengatakan, pos kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyarakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menjalankan sistem piket yang dirotasi setiap malamnya.

“Kita sudah mengetahui bahwa ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti siskamling yaitu pos kamling di Kampung Tangguh yang sudah kita bentuk,” tegasnya sekali lagi.

Kegiatan pemantauan pos kamling di Kampung Tangguh berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta menerapkan protokol physical distancing. pembacaan doa ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah. BN01 – JAKARTA

Komentar Anda
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1