Pamsimas Desa Jeringo Tingkatkan PHBS | Bhayangkara Nusantara

Pamsimas Desa Jeringo Tingkatkan PHBS

 427 total views

DESA Jeringo, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, NTB, salah satu desa penerima bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) menggelar sosialisasi Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) di Mushola darurat Al-Amin, Sabtu (03/10/20). Kegiatan ini diadakan agar masyarakat bisa meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih dalam mendukung program tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Desa (Kades) Jeringo, Sahril, SH mengapresiasi kepada para narasumber yang hadir, di antaranya Kepala Puskesmas Penimbung, Akhmad Juaini, S.kep dan Fasilitator Pamsimas Lombok Barat, Finorika Rosyida, S.Pd yang telah memberikan materi sosialisasi kepada masyarakat dan anak-anak sekolah sebagai peserta.

Sahril juga menyambut baik program Pamsimas yang ada di desanya, dimana program ini sudah mulai dikerjakan dan bisa menjadi salah satu alternatif untuk memberikan solusi terkait kebutuhan warganya yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Sahril mengatakan, program ini juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan PHBS dan meningkatkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) karena air bersihmya akan disalurkan kepada seluruh kepala keluarga yang ada di Desa Jeringo.

Baca Juga:  Kembali, Masyarakat Terdampak Covid-19 di Desa Jeringo Terima Rapelan BLT-DD

Fasilitator Pamsimas Kabupaten Lombok Barat, Finorika Rosyida, S.Pd yang selalu mendampingi proses pelaksanaan program Pamsimas di Desa Jeringo dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi progress dari pelaksanaan program Pamsimas di Desa Jeringo. Pamsimas di desa ini sangat baik dibandingkan dengan desa lainnya, karena masyarakat Desa Jeringo sangat antusias menerima program tersebut.

“Dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi ini harus kita kedepankan protokol kesehatan Covid-19, sehingga kegiatan ini kita batasi peserta sosialisasi agar kita tidak menyalahi protokol kesehatan dalam berkumpul atau berkerumunan di masa pandemi ini.

Sementara Ketua KKM Jeringo Bersemi, Kamardan dalam laporannya menyampaikan pekerjaan yang sudah dikerjakan para satlak, mulai dari proses perencanaan hingga pelaksanaan berjalan dengan lancar, sehingga sampai hari ini sudah 1000 meter lebih pipa jaringan terpasang ke masing-masing dusun.

“Saya berharap segera didampingi melengkapi Rencana Penggunaan Dana (RPD)-nya agar proses syarat pencairan berikutnya cepat terealisasi serta kegiatannya bisa tepat waktu,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Puskesmas Penimbung, Akhmad Juaini, S.kep selaku narasumber sosialisasi. Ia menyampaikan bagaimana mempraktekkan kehidupan sehari-hari pola PHBS dan langkah-langkah pola hidup sehat itu sendiri. Untuk itu masyarakat Desa Jeringo harus menyambut baik dan mendukung program pemerintah desa dan daerah dalam meningkatkan perilaku hidup sehat agar masyarakat terhindar dari bermacam penyakit.

“Terlebih di masa pandemi Covid-19, kita semua harus meningkatkan pola hidup sehat dan selalu jaga jarak, selalu menggunakan masker dan mencuci tangan baik maupun sesudah beraktivitas, masyarakat Jeringo tidak boleh ada lagi BAB sembarangan, baik itu di sungai maupun di kebun, karena air bersihnya sudah, ada sehingga masyarakat harus membuat jamban keluarga di rumah masing-masing dan membiasakan diri berperilaku hidup sehat sesuai tujuan dari program Pamsimas dalam memberikan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat,” paparnya.

Dalam kegiatan sosialisasi, Kepala Puskesmas Penimbung memberikan contoh bagaimana cara mencuci tangan dengan baik yang diakhiri dengan praktek langsung bersama seluruh peserta sosialisasi. Kegiatan tersebut diakhiri dengan mengecek hasil pekerjaan yang sudah dilakukan satlak di lapangan bersama fasilitator Pamsimas Kabupaten Lombok Barat yang didampingi Kades dan tim KKM Bersemi Desa Jeringo. SHR – NTB

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0