P3A Tani Mukti Desa Gabuskulon Bangun Irigasi, Dongkrak Perekonomian Masyarakat – Bhayangkara Nusantara

P3A Tani Mukti Desa Gabuskulon Bangun Irigasi, Dongkrak Perekonomian Masyarakat

 323 total views,  2 views today

PERKUMPULAN Petani Pemakai Air (P3A) Tani Mukti Desa Gabuskulon, Kecamatan Gabuswetan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melaksanakan kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Blok Welut.

Irigasi di Blok Welut tersebut memberi manfaat sekitar 30 hektar pesawahan di area tersebut dan tujuan P3-TGAI untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat P3A dalam kegiatan perbaikan dan rehabilitasi serta peningkatan.

“Kita masyarakat petani di Blok Welut sangat terbantu adanya pembangunan irigasi ini dan sangat manfaat bagi kita petani untuk meningkatan perekonomian masyarakat di pedesaan,” kata petani Blok Welut, Tarli (45), Senin (5/10/2020).

Baca Juga:  Husler Minta Petani Dukung Program Lima Kali Panen

P3-TGAI bersumber dana dari APBN sebesar Rp. 195 juta tahun anggaran 2020. Ketua P3A Tani Mukti, Carma mengatakan, P3 TGAI merupakan salah satu kegiatan dari program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM).

“Terwujudnya pembangunan irigasi berbasis masyarakat berlandaskan gotong royong dengan memperhatikan dan mempertimbangkan masalah dan tantangan yang dihadapi dalam pembangunan pertanian, terwujudnya kedaulatan pangan petani,” jelasnya

Selain itu kegiatan, P3 TGAI ini juga merupakan program padat karya. Manfaatnya untuk masyarakat di pedesaan cukup besar. Karena dapat menambah penghasilan dari hasil pertanian di masyarakat sehingga diharapkan daya beli masyarakat juga semakin meningkat.

Menurutnya, dengan anggaran sebesar Rp. 195 Juta tujuannya adalah untuk peningkatan dan pemeliharaan saluran irigasi untuk melakukan rehabilitasi jaringan irigasi ataupun peningkatan jaringan irigasi.

“Program ini meliputi panjang 250 meter kanan kiri, total panjang tersebut 500 meter, lebar 40 sentimeter, ketinggian 90 sentimeter + pondasi,” kata Carma.

Sekretaris P3A Tani Mukti, Suradi didampingi Bendahara Rusdim mengatakan, proyek tersebut untuk meningkatkan kinerja irigasi termasuk pemberdayaan masyarakat, dan pelaksanaan pembangunannya melibatkan langsung P3A. “Pelaksana kegiatan P3-TGAI didampingi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) dengan tenaga kerja 15 orang,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Gabuskulon, Sanudi berterimakasih kepada pemerintah dan pihak terkait BBWS Cimanuk – Cisanggarung atas adaya program ini. “Saya berterima kasih kepada pemerintah dan atau pihak yang terkait yang telah memperhatikan masyarakat petani,” ucapnya.

Sanudi mengharapkan, kelembagaan masyarakat petani mempunyai pengalaman di bidang pemberdayaan, bidang pengelolaan irigasi, pertanian, dan pembangunan perdesaan. Atim Sawano – Indramayu

Komentar Anda

+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0