OD, Pemimpin Daerah Pertama di Indonesia yang Ikutsertakan Pekerja Sosial Keagamaan dalam Program JKK dan JKM | Bhayangkara Nusantara

OD, Pemimpin Daerah Pertama di Indonesia yang Ikutsertakan Pekerja Sosial Keagamaan dalam Program JKK dan JKM

 244 total views

Stenly Ticoalu

PEMERINTAH Daerah Provinsi Sulawesi Utara sejak 1 Mei 2018 ternyata telah menyediakan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) melalui BPJS Ketenagakerjaan bagi 35 ribu orang pekerja sosial keagamaan di Sulut, dan atas fakta itu Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (OD) telah menerima penghargaan dari Musium Rekord Indonesia (MURI).

Program perlindungan Jaminan sosial untuk Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian yang menjadi program prioritas dari Pemprov Sulut di bawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven Kanduow yang saat ini sedang cuti, telah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu dan hingga akhir tahun 2020 telah mempesertakan sekitar 100.000 orang pekerja sosial keagamaan.

Baca Juga:  Peringati HUT ke 75 RI, PDI-P Sangihe Gelar Lomba Lagu Kebangsaan

Sementara khusus di Kabupaten Sangihe tercatat sekitar 25 ribu orang pekerja sosial keagamaan juga telah menjadi peserta program ini, bahkan begitu banyak ahli waris korban telah menerima dana santunan duka.

Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmut Hontong pada Rabu (4/11/2020) menyerahkan secara simbolis santunan dana duka sebesar 24 juta rupiah/orang kepada 13 orang ahli waris peserta program JKK dan JKM yang meninggal dunia.

Pada kesempatan itu Hontong mengatakan, atas nama Pemda Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat berterima kasih kepada Pemprov Sulut yang begitu memperhatikan warga masyarakat Sangihe.

Hontong juga salut dengan terobosan dan perhatian dari Pemprov Sulut, meski di tengah pandemi Covid-19 masih tetap memberikan dana dana bantuan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di Kabupaten Sangihe yang nilainya ditaksir mencapai 100 miliaran rupiah.

Kepala UPT Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulut di Sangihe, Stenly Ticoalu, M.Si mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk dari apresiasi Pemprov Sulut kepada seluruh pekerja sosial keagamaan yang ada di Sulut, baik Kristen, Muslim dan semua golongan agama.

Baca Juga:  Upaya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Wabup Pringsewu Konsultasi ke Ombudsman RI Lampung

Menurut Ticoalu, Gubernur Provinsi Sulut adalah pimpinan daerah pertama di Indonesia yang berinovasi mengikut sertakan seluruh pekerja sosial keagamaan dalam program BPJS ketenagakerjaan JKK dan JKM, sehingga atas terobosan dan kerja keras itu Gubernur Olly Dondokambey pada tahun 2018 sudah menerima penghargaan/rekor MURI dunia. Program ini merupakan salah satu program prioritas dari Olly Dondokambey yang disediakan khusus bagi masyarakat Sulut tercinta.

Sedangkan salah satu ahli waris penerima dana santunan duka Outry Aer Jemaat GMIST Eden Santiago Tahuna mengatakan kepada wartawan bahwa mereka sangat berterimakasih kepada Pemprov Sulut yang sudah menyediakan program ini sehingga hari ini mereka dapat menerima santunan duka sebesar 42 juta rupiah. Adrianto – Sangihe

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0