Muspika Kotabaru dan Relawan Pecinta Lingkungan di Karawang Kerja Bakti Bersihkan Sampah – Bhayangkara Nusantara
Muspika Kotabaru dan Relawan Pecinta Lingkungan di Karawang Kerja Bakti Bersihkan Sampah

Muspika Kotabaru dan Relawan Pecinta Lingkungan di Karawang Kerja Bakti Bersihkan Sampah

 42 total views,  3 views today

MUSPIKA Kecamatan Kotabaru bersama relawan pecinta lingkungan di Karawang mengadakan kerja bakti dengan membersihkan sampah yang menumpuk di Dusun Krajan, RT/02 RW 01, Desa Pucung, Kecamatan kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Direktur Bank Sampah Latanza, Jois (43) mengatakan, mengingat kesadaran masyarakat masih kurang dalam menjaga lingkungan hidup, masih buang sampah sembarangan, maka pihaknya bersama para relawan, seperti Bank Sampah Bayur dan Komunitas Cikampek Bertato serta Muspika Kecamatan Kotabaru mengadakan kegiatan membersihkan sampah di wilayah Desa Pucung.

“Sekarang hampir semua masyarakat kurang mengerti dalam menjaga lingkungan hidupnya, makanya kami sering adakan kegiatan ini bersama para relawan lainnya, dan kami dengar di Desa Pucung banyak tumpukan sampah. Mendengar itu kita langsung adakan kegiatan ini dengan terjun langsung ke lokasi,” ujarnya kepada bhayangkaranusantara.com.

Pada kesempatan yang sama ia juga menerangkan, dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, hingga disediakanya lima unit kendaraan sampah agar bisa menarik sampah tersebut.

“Kegiatan ini pun kami diberikan bantuan oleh DLHK sebanyak lima unit mobil untuk menarik sampah,” ungkapnya.

Di tempat lain, Koordinator Lapangan UPTD wilayah 3 DLHK Karawang, Agus Zaelani mengaku, dalam mengatasi problem sampah tentu tidak mudah. Karena kesadaran masyarakat masih kurang dalam menjaga lingkungan hidup dan masih banyak sampah-sampah liar, sehingga banyak tempat pembuangan sampah yang tak bertuan atau liar.

Ini bukan jadi sebuah rahasia lagi, banyak sekali sampah-sampah yang dibuang sembarang tempat, hingga masyarakat acuh akan lingkunganya. Padahal sebenarnya ada sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan, dan sanksi itu bisa dipidana selama tiga bulan.

Baca Juga:  Zaezura, Inovasi dan Ide Kreatif di Masa Pandemi Covid-19

“Kami juga akan selalu sosialisasikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup, bersih, sehat dan akan memberikan sarana dan prasarana bagi yang ingin menjaga lingkungannya yang bersih,” ungkapnya.

Sementara Kades Pucung, Euis Kuraisin mengaku, ke depannya akan mengadakan program dalam mengatasi masalah sampah untuk menciptakan lingkungan hidup bersih dan sehat, agar masyarakat terbebas dari penyakit.

“Apalagi sekarang masih masa pandemi virus Corona. Ke depannya, akan jadikan program untuk menjaga lingkungan hidup, bersih dan sehat,” tutupnya. ACEP – Purwakarta

Komentar Anda

Bagaimana Reaksi Anda?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1