Memprihatinkan, Tumor Ganas Menggerogoti, Suryaman Butuh Keajaiban

 138 total views

DERITA Suryaman (40), warga Dusun 5, Kampung Cimarias, Kecamatan Bangunrejo, Lampung Tengah kondisinya sangat memprihatinkan akibat tumor ganas yang menggerogoti pipi sebelah kanannya.

Berbagai upaya sudah dilakukan untuk penyembuhan penyakit tumor yang dideritanya, baik pengobatan medis maupun nonmedis, tetap hasilnya nihil. Kini Suryaman butuh uluran tangan dari para dermawan untuk membantu pengobatannya.

Mendengar penyakit ganas yang menyerang warga Cimarias tersebut, Bupati Lampung Tengah, H. Musa Ahmad, S.Sos segera memerintahkan Kadis Kesehatan dr. Otniel dan Kadis Sosial Lampung Tengah, Zulfikar Irwan untuk melihat secara langsung kondisi Suryaman, untuk segera mengambil langkah penanganan dan tindakan medis.

Diketahui, Suryaman mengalami pembengkakan pipi sebelah kanan. Dugaan sementara dari pihak Puskemas Bangunrejo, Suryaman mengalami infeksi tumor di bagian rahang gigi bagian pipi sebelah kanan yang diderita selama satu tahun.

Baca Juga:  Setelah Resmi Jadi Polsek, Kapolres Lampung Tengah Bukber di Bumi Ratu Nuban
Baca Juga:  Evaluasi Lomba Desa-Kampung Berprestasi 2021 di Lampung Tengah, Ada 10 Nominasi Terbaik

Penuturan keluarga Suryaman kepada media bhayangkaranusantara.com, awalnya Suryaman mengalami sakit gigi bagian kanan bawah, dan saat itu pergi berobat ke tenaga kesehatan setempat.

Namun beberapa hari kemudian tidak ada perubahan (kesembuhan), bahkan lama kelamaan mulai ada timbul benjolan di  pipi persisnya di bawah rahang sebelah kanan sebesar telor puyuh.

Enam bulan kemudian, menurut cerita keluarga Suryaman, entah kenapa hari naas yang tidak terduga dialaminya. Tiba-tiba ia terbentur kayu dan terkena bagian pipi yang sedang bengkak tersebut, hingga akhirnya benjolan itu semakin membengkak menjadi besar, sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Namun Suyarman tidak berputus asa, upaya pengobatan sederhana tetap dilakukan walaupun sebenarnya tidak punya biaya. Semangat untuk sembuh tetap ada dalam benak Suryaman, juga melalui perhatian serta rasa keprihatinan keluarga dan warga yang ada di sekitarnya yang turut mendukung pengobatan dengan membantu seadanya.

Salah satunya dengan menganjurkan agar mencoba pengobatan kampung/alternatif, lantaran biayanya lebih murah dan masih bisa terjangkau. Dengan harapan ada keajaiban kesembuhan pada penyakit yang dideritanya.

Selanjutnya, masih kata keluarga, sekitar Juli 2020 karena tidak juga ada perubahan yang membaik, lalu Suryaman datang ke Puskesmas Bangunrejo dalam kondisi benjolan pipi yang semakin membesar.

Baca Juga:  Tragis... Saat Cari Ikan Bocah SMP Tenggelam di Sungai Cibeureum

Ia memohon bantuan mencari solusi penyembuhan penyakit tumor yang sedang dialaminya lewat konsultasi dokter dan paramedis Puskesmas Bangunrejo. Lalu pihak puskesmas segera memberikan rujukan ke Rumah Sakit Urip Sumoharjo  Bandar Lampung dan mendapat perawatan secara medis selama kurang lebih satu bulan.

Namun dalam waktu bulan itu juga, Suryaman sebagai pasien rawat dirujuk lagi ke Rumah Sakit Umum Abdul Muluk Bandar Lampung, tetapi kembali lagi karena keterbatasan biaya.

Suryaman dan keluarga sepakat akhirnya untuk tidak melanjutkan pengobatan di Rumah Sakit Umum Abdul Muluk yang sebenarnya sudah dirujuk dari Rumah Sakit Urip Sumoharjo.

Suryaman dan keluarga memutuskan untuk kembali ke kediamannya di Kampung Cimarias Bangunrejo untuk selanjutnya melakukan pengobatan alternatif kembali hingga saat ini.

Menurutnya keterangan keluarga, dalam bulan ini Suryaman sudah berobat sebanyak empat kali ke tempat alternatif tetapi tidak ada juga perubahan, bahkan kondisi kesehatannya semakin terpuruk dan memprihatinkan dengan pembekakan pipi bagian sebelah kanan yang sudah tidak wajar, diperkirakan sudah sebesar kepala manusia.

Dengan penuh kesedihan pihak keluarga Suryaman menuturkan, selama ini keluarga sudah berusaha semaksimal mungkin untuk berobat baik itu medis maupun pengobatan alternatif di kampung, tetapi apa daya tangan tak sampai, karena terbentur biaya dan ekonomi yang pas-pasan (hidup miskin) akhirnya pasrah dengan keadaan.

Untuk itu Kadis Kesehatan dr. Otniel bersama Kadis Sosial Zulfikar Irwan turun ke lokasi didampingi Camat Bangunrejo M.Saleh PS, S.Sos, M.M, Kepala Puskesmas Bangunrejo Eko Priyo Yuwuno S.K.M beserta para staf kesehatan Puskesmas.

Turut juga Danramil Bangunrejo Kapt. Inf Syaifu Rahman beserta staf Babinsa Serka Inf Siswanto, Bhabinkamtibmas Polsek Bangunrejo Bripka Leonardo mewakili Kapolsek Bangunrejo AKP Ridho Rafika dan Kepala Kampung Cimarias Heri AV Gusaeri.

Mereka melihat secara langsung kondisi fisik Suryaman yang sudah begitu memprihatinkan. Maka segera diambil tindakan agar pagi Jumat (23/4/21) Suryaman dibawa/dirujuk ke Rumah Sakit Umum Demang Sepulau Raya Gunung Sugih Lampung Tengah untuk secepatnya dilakukan upaya tindakan medis bagi penyakit yang sedang diderita.

Dalam hal ini pasien Suryaman akan didampingi pihak Puskesmas Bangunrejo Ka. Puskesmas Eko PY, Camat Bangunrejo PS. Saleh serta Kepala Kampung Cimarias Heri AV Gusaeri.

Suryaman dan keluarga berharap agar penyakit yang dideritanya dapat disembuhkan agar bisa bekerja dan beraktifitas kembali sebagaimana biasanya. Pihak keluarga juga mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-beasarnya atas perhatian Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

“Bapak Bupati H. Musa Ahmad, terimakasih ya Pak, sudah berkenan memperhatikan serta membantu keluarga kami. Suryaman sudah lama menderita sakit, harapan kami semoga segera dapat disembuhkan serta dapat beraktifitas kembali bersama-sama dengan kami”, ucap keluarga.

Saat yang bersamaan, tokoh masyarakat, G. Simanjuntak sangat apresiasi atas cepatnya perhatian Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad. Tokoh ini juga berharap ke depannya ada uluran tangan dari semua pihak yang ingin berdonasi. Bornok – Lampung Tengah

Komentar Anda
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0